Laika Siberia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laika Siberia Barat

Seekor laika Siberia Barat jantan
Negara asal Rusia
Ciri-ciri

Laika Siberia Barat ([западносибирская лайка, zapadnosibirskaja lajka] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help); [West Siberian laika, WSL] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help)) adalah satu ras anjing pemburu. Terbitan Rusia menyatakan bahwa istilah laika Siberia Barat digunakan dengan tidak ketat kepada anjing pemburu yang berasal dengan suku-suku Mansi dan Khanty di Ural dan di Siberia Barat, tetapi tiada standar atau pendaftaran ras ini sehingga 1930. Kemudian Perang Dunia II mengganggunya buat sementara, tetapi penangkaran sistematis dengan pendaftaran bersambung selepas peperangan berakhir, pada 1946. Ini merupakan waktu buat ras ini mula memperoleh kemodernannya. Sebelum itu pemburu hanya mengetahui laika Mansi dan laika Khanty. Pada awal 1960 ramai pemburu di Ural masih menggunakan istilah laika Mansi, apabila memperkatakan laika Siberia Barat.[1] Dalam bahasa Rusia, istilah laika berasal dari perkataan lajatʹ yang berarti menggonggong. Perkataan laika hanya berarti penggonggong atau anjing yang menggonggong. Mana-mana laika pemburu adalah anjing penuding penggonggong (menuding hewan tujuan dengan menggonggong dan menunggu dengan hewan tersebut[2]). Ia merupakan ras anjing serbaguna bergantung pada kegunaan dan lingkungan, tetapi di sesetengah bagian negara itu ia menjadi lebih khusus.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Voilotchnikov, A.T. dan Voilotchnikova, S.D. Hunting Laikas. Moscow: Forest Industry Publishing House 1982.
  • Voilotchnikov, A. T. dan Voilotchnikova, S.D. Laikas and Hunting With Them. Moscow: Forest Industry Publishing House, 1972.
  • Voilotchnikov, A. T. dan Voilotchnikova, S.D. "Which breed of Laikas is the best?" Hunting and Hunting Industry, 1972: Keluaran 10. halaman 30–31.
  • Raytchev, Vasko. The Bulgarian Shepherd-Legend and Reality, Stara Zagora: Bioshield Publishing, 1992. (hlm 20–23)
  • Demidoff, L.B. How to Raise and Train a Siberian Husky. New York: 1964
  • Beregovoy, V. Hunting Laika Breeds of Russia. Crystal Dream Publishing, 2001.
  • Little, Clarence C. The Inheritance of Coat Color in Dogs. New York: 1971.
  • Jagdlaikarassen Russlands, 2013, Verlag Laika-Klub, Germany, ISBN 1-59146-037-9, Diterjemahkan kepada bahasa Jerman oleh Tina dan Edda Thalis, Christine dan Dieter Klingelhoeller.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dipetik oleh Vladimir Beregovoy - Pengarang, Penerjemah, Penasihat WSL dan Kurator Persatuan Anjing Asli Primitif Internasional.
  2. ^ Dipetik oleh Vladimir Beregovoy.
  3. ^ Beregovoy, Vladimir (2001). Hunting Laika Breeds of Russia. Amerika Serikat: Crystal Dreams Publishing. hlm. vi–vii. ISBN 1-59146-037-9. 

Templat:Anjing Rusia Templat:Spitz