Lai (negara)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Negara Lai
Monarki

 

?–567 SM
 

Ibukota Ni (郳)
Bahasa Bahasa Lai
Pemerintahan Monarki
Adipati Lai
 -   ?–567 SM Furou, Adipati Gong dari Lai
Sejarah
 -  Didirikan  ?
 -  Ditaklukan oleh Qi 567 SM
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud.

Lai (Bahasa Tionghoa: trad. , simp. , pin. Lái) adalah negara Dongyi kuno yang terletak di wilayah yang kini merupakan Provinsi Shandong timur, seperti yang tercatat dalam Buku Xia. Tang Shanchun (唐善纯) meyakini bahwa lai bermakna "gunung" dalam bahasa Kanton lama,[1] sedangkan Yue Jue Shu (越絕書) menyatakan bahwa lai berarti "hutan belantara".[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lai merupakan musuh lama Negara Qi. Segera setelah Jiang Ziya mulai berkuasa di Qi, negara Lai menyerang ibukota Qi di Yingqiu. Pada tahun 567 SM, Lai menyerang Qi namun dikalahkan oleh Adipati Ling dari Qi, dan penguasa terakhirnya, Adipati Gong dari Lai tewas terbunuh.[3][4] Lai adalah negara yang besar, dan luas wilayah Qi berlipat ganda setelah menganeksasi Lai.[3][5][6]

Penguasa Lai[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 威海市地名综述
  2. ^ 百越地名及其文化蕴意
  3. ^ a b Han Zhaoqi (韩兆琦), ed. (2010). "House of Duke Tai of Qi". Shiji (史记) (dalam bahasa Chinese). Beijing: Zhonghua Book Company. hlm. 2564–2568. ISBN 978-7-101-07272-3. 
  4. ^ Zuo Qiuming (diterjemahkan oleh James Legge). "Book IX. Duke Xiang". Zuo Zhuan (dalam bahasa Chinese and English). University of Virginia. Diakses 23 May 2012.  Chapter VI.
  5. ^ 东莱古国与西周王朝之关系——从黄、渭两河流域出土的有铭青铜器谈起
  6. ^ 莱夷及莱国史研究综述