Lagu anime

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lagu anime (アニメソング anime song?) atau populer sebagai anison (アニソン?) (lakuran dari kata anime dan song) adalah lagu pop Jepang yang dipakai sebagai lagu tema, lagu pengiring (soundtrack), dan image song untuk anime di televisi atau OVA. Dalam serial anime di televisi atau OVA memiliki album soundtrack yang di dalamnya terdapat lagu pembuka ("OP", opening), lagu penutup ("ED", ending) dan insert song ("IN"), ditambah musik insidental, lagu orisinal (image song) atau cuplikan drama (sandiwara pendek yang dibawakan pengisi suara). Image song atau character song adalah lagu orisinal yang sengaja diciptakan untuk mengekspresikan konsep atau karakter dari tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam anime, termasuk juga di antaranya lagu-lagu yang tidak disertakan ke dalam anime tersebut.

Dalam pengertian luas, lagu anime juga mencakup lagu tema untuk film tokusatsu (penggemar menyebutnya sebagai lagu anime/tokusatsu), permainan video, dan lagu-lagu yang dinyanyikan pengisi suara. Di Jepang, pengisi suara yang disebut seiyu, juga berprofesi sebagai penyanyi lagu anime, misalnya: Yui Horie, Nana Mizuki, Maaya Sakamoto, dan Aya Hirano. Ada pula penyanyi yang seumur hidupnya mendedikasikan kariernya untuk lagu anime, misalnya: Ichirou Mizuki, Akira Kushida, Mitsuko Horie, dan Isao Sasaki.

Billboard sejak 1 Desember 2010 memulai tangga lagu khusus anime yang disebut Japan Hot Animation. Artis yang pertama kali menduduki urutan nomor satu Billboard Japan Hot Animation tanggal 6 Desember 2010 adalah Minako Kotobuki dengan "Startline" (lagu tema OVA Coicent)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Patten, Fred (2004). Watching Anime, Reading Manga: 25 Years of Essays and Reviews. Stone Bridge Press, LLC. hlm. 89. ISBN 1-880-65692-2. 
  • Poitras, Gilles (2001). Anime Essentials: Every Thing a Fan Needs to Know. Stone Bridge Press, LLC. hlm. 88–90. ISBN 1-880-65653-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]