Lady Marmalade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Lady Marmalade"
Singel oleh Labelle
dari album Nightbirds
DirilisDesember 1974
Format7" single
Direkam1974
GenreSoul, disco, funk
Durasi3:18
LabelEpic
50048
PenciptaBob Crewe, Kenny Nolan
ProduserAllen Toussaint, Vicki Wickham
Kronologi singel
""Going on a Holiday"
(1973)"
"Lady Marmalade" ""What Can I Do for You"
(1974)"
"Lady Marmalade"
Lagu oleh All Saints
dari album All Saints
Sisi-B"No More Lies", "Get Bizzy"
Dirilis27 April 1998
FormatCD
Direkam1997
GenrePop
Durasi4:04
LabelLondon
ProduserJohnny Douglas, Timbaland
Kronologi singel
""Never Ever"
(1997)"
"Lady Marmalade" ""Bootie Call"
(1998)"
"Lady Marmalade"
Singel oleh Christina Aguilera, Lil' Kim, Mýa & Pink
dari album Moulin Rouge! Music from Baz Luhrmann's Film
DirilisApril 2001
Format12-inch maxi single
GenrePop
Durasi4:24
LabelInterscope
PenciptaBob Crewe, Kenny Nolan, Lil' Kim (uncredited)
ProduserMissy Elliott, Rockwilder

"Falsas Esperanzas"
(2001)

"Lady Marmalade"
(2001)

"Dirrty"
(2002)

"Wait a Minute"
(2001)

"Lady Marmalade"
(2001)

"In the Air Tonite"
(2001)

"Case of the Ex"
(2001)

"Lady Marmalade"
(2001)

"My Love Is Like...Wo"
(2003)

"You Make Me Sick"
(2000)

"Lady Marmalade"
(2001)

"Get the Party Started"
(2001)

"Lady Marmalade" adalah single oleh kelompok Labelle yang diterbitkan pada 1974 oleh Epic Records, terkenal karena liriknya, "voulez-vous coucher avec moi (ce soir)?". Lagu ini mencapai nomor 1 di Billboard Hot 100 selama 1 minggu, dari 23 Maret sampai 29 Maret 1975, menggantikan "My Eyes Adored You" oleh The Four Seasons dan kemudian digantikan oleh "Lovin' You" oleh Minnie Riperton. Lagu ini kemudian dicover oleh All Saints, dan kemudian oleh Christina Aguilera, Lil' Kim, Mýa, dan Pink untuk soundtrack film Moulin Rouge!. Versi terakhir menjadi hit nomor 1 di Billboard Hot 100 selama 5 minggu, dari 26 Mei sampai 30 Juni 2001.

LaBelle[sunting | sunting sumber]

"Lady Marmalade" ditulis oleh Bob Crewe dan Kenny Nolan, yang juga menulis "My Eyes Adored You". Penyanyi utama Labelle, Patti LaBelle, diiringi oleh Nona Hendryx dan Sarah Dash, menceritakan seorang wanita yang hanya dikenal lewat nama "Lady Marmalade", yang menggoda laki-laki yang ia temui di jalan di New Orleans, Louisiana. Laki-laki tersebut mengingat kejadian ini ketika ia akan pergi tidur.

"Lady Marmalade" mulanya direkam oleh kelompok Eleventh Hour pada 1974 dalam album Eleventh Hour's Greatest Hits, namun produser Labelle, Allen Toussaint, memutuskan untuk merekamnya sebagai lagu utama album Nightbirds oleh Labelle. "Lady Marmalade" adalah hit nomor 1 di AS dan nomor 17 di UK.

Lagu ini pertama dicover oleh Sheila E. pada albumnya Sex Cymbal (1991) dalam versi jazz. Selain itu band Boogie Knights juga mengcover "Lady Marmalade" pada 1995 dengan penyanyi Jeff Scott Soto. Pada 1999, lagu ini dicover oleh Lords Of Acid sebagai lagu bonus dalam album remix mereka, Expand Your Head. Selain itu lagu ini juga telah muncul dalam film seri Angel, dinyanyikan oleh Andy Hallett. Versi Labelle muncul dalam film-film The Long Kiss Goodnight, Dick, dan Jacob's Ladder.

All Saints[sunting | sunting sumber]

Pada 1998, lagu ini dicover oleh kelompok All Saints sebagai bagian dari double A-sided single "Under the Bridge"/"Lady Marmalade", yang menjadi nomor 1 di UK Top 40. Versi All Saints mengandung lirik yang berbeda kecuali dalam refrainnya. Single ini terjual sebanyak 424.799 keping di UK.

Moulin Rouge![sunting | sunting sumber]

"Lady Marmalade" ditampilkan dalam film Moulin Rouge! tahun 2001. Selain itu, Christina Aguilera, Lil' Kim, Mýa, dan Pink merekam versi cover lagu ini untuk album soundtrack film tersebut dengan produser Missy Elliott. Lil' Kim menulis lirik rapnya sendiri, dan latar belakangnya diubah dari New Orleans menjadi klub malam Moulin Rouge di Paris.

Single ini menjadi hit #1 di AS, menggantikan "All for You" oleh Janet Jackson, dan kemudian digantikan oleh "U Remind Me" oleh Usher. "Marmalade" adalah hit #1 keempat untuk Aguilera dan yang pertama bagi ketiga penyanyi lainnya. Single ini juga mencapai #1 di UK, Australia, dan United World Chart.

Video klipnya menampilkan keempat penyanyi mengenakan lingerie dan difilm di Moulin Rouge. Video tersebut memenangkan MTV Video Music Award untuk "Best Video of the Year" dan "Best Video from a Film"; selain itu juga dinominasikan untuk "Best Dance Video", "Best Pop Video", "Best Choreography" (Tina Landon), dan "Best Art Direction". Lagu ini memenangkan 2002 Grammy Award dalam kategori "Best Pop Collaboration with Vocals".