Labuhan Haji, Aceh Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Labuhanhaji
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Aceh
Kabupaten Aceh Selatan
Pemerintahan
 • Camat T. Hazaryin, S.E.
Luas 70 km²
Jumlah penduduk 12.769
Kepadatan 177 jiwa/km²
Desa/kelurahan 16

Labuhan Haji adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Ketinggian di atas permukaan laut rata-rata adalah 20 meter.

Ibukota kecamatan berada di Pasar Indrapura gampong Manggis Harapan dengan Keuchik Gampong : SAFRIADI, dengan alamat kantor kecamatan berada di Jalan Nasional Nomor 26 Pasar Indrapura - Labuhanhaji 23761,

website resmi : www.labuhanhaji.acehselatankab.go.id

dan

email : labuhanhaji@acehselatankab.go.id

Kecamatan Labuhanhaji merupakan Kecamatan induk dari pemekaran Labuahanhaji Barat dan Labuhanhaji yang dilakukan pemekaran pada tahun 2003 terdiri dari 3 (tiga) kemukiman dan 16 (enam belas) gampong, 51 (lima puluh satu) dusun, dengan luas wilayah 4.374.00 Ha yang terdiri dari kawasan pantai, dataran rendah dan dataran tinggi berbatasan:

-            Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Labuhanhaji Barat

-            Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Labuhanhaji Timur

-            Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tenggara

-            Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia

Penduduk Kecamatan Labuhanhaji berjumlah 12.769 jiwa terdiri dari laki-laki 6.260 jiwa, perempuan 6.509 jiwa ( sumber Laporan Penduduk Kecamatan Labuhanhaji per bulan April 2014).

Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, dan sebagian yang lain berprofesi sebagai nelayan, pedagang, Pegawai Negeri Sipil. Dalam bidang pendidikan rata-rata penduduk Kecamatan Labuhanhaji telah mengenyam pendidikan yang tersebar dari jenjang pendidikan pra sekolah hingga perguruan tinggi.

Ditinjau dari bidang sosial budaya, masyarakat Kecamatan Labuhanhaji 100 % menganut agama Islam dan mendukung pelaksanaan syariat Islam sebagai salah satu keistimewaan Provinsi Aceh.  Bahasa Aneuk Jame merupakan sebagai bahasa pengantar sehari-hari yang secara turun menurun telah menyatu dalam satu budaya yang tidak dapat dipisahkan.

Desa di Kecamatan Labuhanhaji sebanyak 16 (enam belas) dan 3 (tiga) Kemukiman, yaitu : Kemukiman Padang Bakau, Kemukiman Pawoh Apha dan Kemukiman Pisang Baru.

Berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Selatan nomor 14 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan, Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan adalah wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah Kabupaten Aceh Selatan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Aceh Selatan melalui Sekretaris Daerah.

Kecamatan merupakan sebuah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten  (SKPK) sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 08 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata cara Penyusunan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Sesuai Peraturan Bupati Aceh Selatan nomor 14 Tahun 2008, Camat mempunyai tugas melaksanakan wewenang Pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Kecamatan sebagai penyelenggara tugas umum pemerintah meliputi:

a.    Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan rumah tangga kecamatan

b.    Penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang;

c.    Perumusan kebijaksanaan teknis penyelenggaraan pemerintahan kecamatan;

d.    Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;

e.    Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum

f.     Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;

g.    Pengkoordinasian pemeliharaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan umum

h.    Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;

i.     Pembinaan penyelenggaraan pemerintah Mukim dan Gampong;

j.     Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintah Gampong;

k.    Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya dalam penyelenggaraan pemerintah kecamatan;

l.     Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana tersebut di atas Kecamatan mempunyai kewenangan:

a.    Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;

b.    Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

c.    Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan

d.    Mengkoordinasikan pemeliharaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan umum;

e.    Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;

f.     Membina penyelenggaraan pemerintahan Gampong

g.    Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan Gampong.

Untuk dapat menjalankan tugas yang telah dibebankan, Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan dipimpin oleh Camat yang dibantu oleh satu Sekretaris Kecamatan, lima Seksi dan tiga sub bagian.

Secara garis besar pelaksanaan tugas pokok Camat dan masing-masing Seksi serta Sub Bagian adalah sebagai berikut :

a.    Camat mempunyai tugas membantu Bupati dalam rangka melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan dalam wilayah kecamatan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud camat mempunyai fungsi:

-          Penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan serta pembinaan sosial politik dalam negeri;

-          Pembinan Pemerintahan gampong;

-          Pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah Kecamatan;

-          Pembinaan pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi, retribusi serta pembinaan sosial.

b.    Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan memberikan pelayanan teknis Administrasi kepada seluruh satuan organisasi Sekretariat Kecamatan, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

c.    Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melakukan urusan pemerintahan umum dan pembinaan pemerintahan Gampong, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

d.    Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melakukan pembinaan ketentraman, ketertiban wilayah, pembinaan idiologi dan politik dalam negeri, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

e.    Seksi Pembangunan Masyarakat Gampong mempunyai tugas melakukan perencanaan dan penyusunan program serta melakukan pengendalian dan pembinaan Pembangunan, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

f.     Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tuags mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan kesejahteraan sosial, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

g.    Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas melakukan urusan pelayanan umum yang meliputi pelayanan kependudukan, kebersihan dan perizinan, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

h.    Sub Bagian Umum mempunyai tugas ketatausahaan dalam pelaksanaan kegiatan sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok bagian Sekretariat pada kecamatan.

i.     Sub Bagian Kepegawaian dan Tatalaksana mempunyai tugas melakukan pembinaan administrasi dan memberi pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi Sekretaris Kecamatan yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Camat.

j.     Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas memimpin sub bagian Keuangan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran administrasi kecamatan.

Untuk lebih detailnya Camat mempunyai tugas sebagai berikut :

a.  Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.  Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.   Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.  Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.  Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.   Menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan serta pembinaan sosial politik dalam negeri.

g.  Pembinaan Pemerintahan Gampong.

h.  Pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah kecamatan.

i.    Pembinaan pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi, retribusi serta pembinaan sosial.

j.   Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan.

k.  Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

l.    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Dalam melaksanakan tugasnya Camat dibantu oleh unsur-unsur Kecamatan :

Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi Sekretariat kecamatan, yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat.

Uraian tugas Sekretaris Kecamatan, adalah sebagai berikut :

a.  Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.  Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.   Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.  Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.  Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.   Melaksanakan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi Sekretariat Kecamatan.

g.  Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan penatausahaan sesuai kebutuhan unit kerja agar kegiatan pokok dapat terlaksana.

h.  Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan.

i.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

j.   Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas mempimpin Sub Bagian Umum dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Sub Bagian Umum, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Mengatur pendistribusian surat masuk dan surat keluar sesuai permasalahan agar penyampaian ke tujuan tepat waktu.

g.    Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administrasi ketatausahaan dan perjalanan dinas sesuai kebutuhan agar kegiatan berjalan lancar.

h.    Mengkoordinir pelayanan kerumahtanggaan dan keprotokolan sesuai rencana kebutuhan dan mendukung pelaksanaan tugas.

i.     Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan.

j.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

k.    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Tata Laksana mempunyai tugas mempimpin Sub Bagian Kepegawaian dan Tata Laksana dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Tata Laksana, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Membuat buku Rencana Strategis dalam lingkungan kecamatan sebagai pedoman dalam penyusunan program dan kegiatan kecamatan.

g.    Membuat Laporan Akuntabilitas Kinerja dan Rencana Kerja Tahunan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

h.    Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan Sub Bagian Kepegawaian dan menyiapkan bahan dalam rangka pemecahan masalah.

i.     Mempersiapkan bahan dan data yang berhubungan dengan Daftar Urut Kepangkatan (DUK), kenaikan pangkat, gaji berkala dan masa persiapan pensiun dalam rangka kesejahteraan pegawai.

j.     Menghimpun dan memantau kehadiran pegawai melalui evaluasi daftar hadir secara berkala dalam rangka penegakan disiplin PNS di lingkungan kecamatan.

k.    Mempersiapkan / mengusulkan KARPEG, KARIS, KARSU, TASPEN dan Kartu Askes sesuai ketentuan dalam rangka kelengkapan administrasi.

l.     Menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan menghimpun serta menyampaikan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) sesuai pedoman yang berlaku untuk tertibnya administrasi pegawai.

m.  Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan.

n.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

o.    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas mempimpin Sub Bagian Keuangan dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Sub Bagian Keuangan, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Mengendalikan kegiatan pengelolaan administrasi dan pembukuan keuangan berdasarkan peraturan yang berlaku untuk tertibnya administrasi keuangan.

g.    Mengkoordinasikan kegiatan penyiapan bahan penyusunan anggaran dan perhitungan berdasarkan masukan dari kasie-kasie pada kecamatan dalam rangka mencapai sasaran yang telah disampaikan.

h.    Membuat verifikasi sesuai dengan data-data yang masuk mengenai keuangan dari bidang supaya memudahkan proses keuangan.

i.     Membuat buku pegangan / catatan mengenai pemasukan dan pengeluaran uang memudahkan dalam proses penagihan.

j.     Membuat Laporan Realisasi Fisik Keuangan per triwulan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mengetahui seberapa persen anggaran yang telah dipergunakan.

k.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

l.     Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas mempimpin Seksi Pemerintahan dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Seksi Pemerintahan, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Melaksanakan pemerintahan umum dalam wilayah kecamatan.

g.    Melakukan pembinaan terhadap pemerintah gampong dalam wilayah kecamatan.

h.    Mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan umum sesuai kebutuhan unit kerja terkait agar kegiatan dapat terlaksana dengan lancar.

i.     Menyelenggaraan pembinaan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dalam wilayah kecamatan.

j.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

k.    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong  mempunyai tugas mempimpin Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Melakukan pembinaan pembangunan sarana dan prasarana fisik, usaha ekonomi gampong dan produksi dalam peningkatan taraf kehidupan masyarakat gampong dalam wilayah kecamatan.

g.    Melakukan pembinaan terhadap lingkungan hidup masayarakat gampong.

h.    Mengkoordinasikan kegiatan pembangunan masyarakat gampong sesuai dengan kebutuhan unit kerja terkait agar kegiatan dapat terlaksana dengan lancar.

i.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

j.     Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas mempimpin Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Menyelenggarakan ketertiban umum dalam wilayah kecamatan.

g.    Menyelenggarakan ketentraman ideologi negara dan politik dalam negeri pada wilayah kecamatan.

h.    Melakukan pembinaan terhadap Polisi Pamong Praja agar keamanan dan ketertiban wilayah dalam terlaksana dengan lancar.

i.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

j.     Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas mempimpin Seksi Kesejahteraan Sosial dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Menyelenggakan pelayanan dan bantuan sosial bagi masyarakat dalam wilayah kecamatan.

g.    Melakukan pembinaan kepemudaan, peranan wanita dan olahraga dalam wilayah kecamatan.

h.    Melakukan pembinaan terhadap kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat gampong dalam wilayah kecamatan.

i.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

j.     Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kepala Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas mempimpin Seksi Pelayanan Umum dalam pelaksanaan teknis dan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Camat.

Uraian tugas Kepala Seksi Pelayanan Umum, adalah sebagai berikut :

a.    Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas.

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya.

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

d.    Mengkoordinasikan dan mengevaluasikan pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau membuat laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.

e.    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.

f.     Menyelenggakan pembinaan pelayanan kebersihan, keindahan dan pertamanan dalam wilayah kecamatan.

g.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis.

h.    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas pokok pelaksanaan sebagian kegiatan kecamatan secara professional sesuai dengan kebutuhan, dan kelompok jabatan fungsional ini dalam melaksanakan tugas pokoknya yang bertanggung jawab kepada camat. Adapun kelompok jabatan fungsional yang berada di kecamatan Labuhanhaji  adalah PLKB, Petugas Statistik dan TKSK.

Daftar Desa/Kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Apha
  2. Bakau Hulu
  3. Cacang
  4. Dalam
  5. Hulu Pisang
  6. Kota Palak
  7. Lembah Baru
  8. Manggis Harapan
  9. Padang Bakau
  10. Padang Baru
  11. Pasar Lama
  12. Pawoh
  13. Pisang
  14. Tengah Baru
  15. Tengah Pisang
  16. Ujung Batu

Sarana Ibadah[sunting | sunting sumber]

  • Masjid : 14 Buah
  • Langgar : 50 Buah
  • Mushalla : 7 Buah

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • TK Negeri : 3 Unit
  • SD Negeri : 10 Unit
  • SMP Negeri : 1 Unit
  • SMP Swasta : 2 Unit
  • MTs Swasta : 1 Unit
  • SMA Negeri : 2 Unit
  • SMA Swasta : 1 Unit
  • MA Swasta : 1 Unit
  • Pondok Pesantren : 4 Unit (587 Santri) pada 2005

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

  • Puskesmas Non Inpres : 1 Unit
  • Puskesmas : 1 Unit
  • Jumlah Tenaga Kesehatan : PNS 24 orang, PTT 5 orang

Sosial[sunting | sunting sumber]

  • Panti Asuhan : 1 Unit (Kapasitas 80 orang)
  • Jumlah Penderita Cacat :
    • Buta : Laki-laki 22 orang, Perempuan 8 orang
    • Buntung Kaki : Laki-laki 7 orang ; Perempuan 1 orang
    • Buntung Tangan : Laki-laki 5 orang
    • Bisu/Tuli : Laki-laki 32 orang ; Perempuan 23 orang
    • Sakit Jiwa : Laki-laki 19 orang ; Perempuan 14 orang

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

  • Makam Abuya Syech h. Muda Waly Al Khalidy (5.0 Km dari ibukota)
  • Taman Wisata Pemandian Sungai Simpang Gampong Hulu Pisang (1,5 Km dari Ibukota)
  • Taman Wisata Pantai Ujung Karang Gampong Pasar lama (0,5 Km dari Ibukota)

Peninggalan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Qur'an Salinan Tangan : Berlokasi di Desa Kampung Dalam

Kesenian dan Sanggar Tari[sunting | sunting sumber]

  • Sanggar Barona (Pimpinan Junaidi; Aktif Berjangka; di Desa Blang Poroh)
  • Bungong Ban Kemang (Pimpinan S. Mulyadi, S.Ag; Aktif Berjangka; di Desa K. Hilir)
  • Keumango (Pimpinan Haris Yunardi; Aktif Penuh; di Padang Bakau)

Pertanian[sunting | sunting sumber]

  • Luas Sawah dan Ladang Menurut Pengairan:
    • Setengah Teknis 337.0 Ha
    • Irigasi Desa 165.0 Ha
    • Tadah hujan 122.0 Ha
  • Produktivitas Kelompok Tani 22 Kelompok
    • Padi: Luas tanam 717 Ha; Luas Panen 842 Ha
    • Jagung: Luas tanam 35.00 Ha; Luas Panen 10.00 Ha
    • Kacang Kedele: Luas Tanam 15.00 Ha; Luas Panen 11.00 Ha
    • Kacang Hijau: Luas Tanam 10.00 Ha; Luas Panen 16.00 Ha
    • Kacang Tanah: Luas Tanam 113.00 Ha; Luas Panen 83.00 Ha
    • Tomat: Luas Tanam 9.00 Ha; Luas Panen 14.00 Ha
    • Ubi Kayu: Luas Tanam 12.00 Ha; Luas Panen 15.00 Ha
    • Semangka: Luas Tanam 14.00 Ha; Luas Panen 15.00 Ha
    • Terong: Luas Tanam 11.00 Ha; Luas Panen 17.00 Ha
    • Cabe: Luas Tanam 21.00 Ha; Luas Panen 12.00 Ha
    • Bawang Merah: Luas Tanam 8.00 Ha; Luas Panen 9.00 Ha
    • Bayam: Luas Tanam 14.00 Ha; Luas Panen 14.00 Ha
    • Ubi Jalar: Luas Tanam 7.00 Ha; Luas Panen 7.00 Ha
    • Kacang Panjang: Luas Tanam 11.00 Ha; Luas Panen 14.00 Ha
    • Ketimun: Luas Tanam 14.00 Ha; Luas Panen 17.00 Ha
    • Pepaya: Luas Tanam 0.18 Ha; Luas Panen 0.46 ha
    • Jeruk: Luas Tanam 0.04 Ha; Luas Panen -
    • Rambutan: Luas Tanam 20.15 Ha ; Luas Panen -
    • Langsat: Luas Tanam 0.05 Ha; Luas Panen -
    • Sawo: Luas Tanam 0.25 Ha; Luas Panen 51.00 Ha
    • Nenas: Luas Tanam 0.0060 Ha; Luas Panen 0.0520 Ha
    • Pisang: Luas Tanam 1.40 Rumpun; Luas Panen 15.40 Rumpun
    • Mangga: Luas Tanam 7.50 Batang; Luas Panen 187.50 Batang

Perkebunan[sunting | sunting sumber]

  • Kelapa : Luas Areal 336 Ha ; Produksi 192,0 Ton
  • Kelapa Hibrida : Luas Areal 13 Ha ; Produksi 6 Ton
  • Cengkeh : Luas Areal 16 Ha ; Produksi 0,45 Ton
  • Karet : Luas Areal 15 Ha ; Produksi 4 Ton
  • Kopi : Luas Areal 55 Ha ; Produksi 17,0 Ton
  • Lada : Luas Areal 1 Ha ; Produksi 0,10 Ton
  • Kapuk /Randu : Luas Areal 3 Ha ; Produksi 0,40 Ton
  • Pinang : Luas Areal 78 Ha ; Produksi 19 Ton
  • Kakao : Luas Areal 1 Ha ; Produksi -
  • Jahe : Luas Areal 16 Ha ; Produksi 8.000 Kg/Ha
  • Cassiavera : Luas Areal 3 Ha ; Produksi 0,20 Ton
  • Kelapa Sawit Perkebunan : Luas Areal 11 ha ; Produksi 40 Ton
  • Nilam : Luas Areal 3 ha ; Produksi 0,20 Ton
  • Kemiri : Luas Areal 5 Ha ; Produksi 1 Ton
  • Pala : Luas Areal 897 Ha ; Produksi 261 Ton
  • Sagu : Luas Areal 11 Ha ; Produksi 17 Ton
  • Kunyit : Luas Areal 10 Ha ; Produksi 14 Ton
  • Tebu : Luas Areal 3 Ha ; Produksi 0,50 Ton

Perikanan[sunting | sunting sumber]

  • Perikanan : 6,25 Ton Pertahun
  • Perikanan Laut : 2.127,80 Ton Pertahun
  • Perikanan Umum : Jumlah Produksi 3,67 Ton Pertahun
  • Perikanan Tambak : Jumlah Produksi 3.65 Ton Pertahun
  • Perikanan Kolam : Jumlah Produksi 2.20 Ton Pertahun
  • Perikanan Sawah : Jumlah Produksi 0.40 Ton Pertahun
  • Luas Areal Perikanan Ikan : Tambak 6.14 Ha ; Kolam 2.00 Ha ; Sawah 0.30 Ha
  • Luas Areal Perikanan Umum : Sungai 0.50 Ha ; Rawa 15.00 Ha
  • Produksi Ikan Sungai : Jumlah Produksi 0.50 Ton
  • Produksi Ikan Rawa : Jumlah Produksi 1.17 Ton

Peternakan[sunting | sunting sumber]

  • Sapi Betina : 15 Ekor
  • Sapi Jantan : 3 Ekor
  • Kerbau Betina : 339 Ekor
  • Kerbau Jantan : 140 Ekor
  • Kambing Betina : 921 Ekor
  • Kambing Jantan : 268 Ekor
  • Domba Betina : 204 Ekor
  • Domba Jantan : 71 Ekor
  • Ayam : 30,624 Ekor
  • Itik : 5,199 Ekor

Industri[sunting | sunting sumber]

  • Makanan : 3 Unit dengan Tenaga Kerja 18 Orang
  • Minuman : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 21 Orang
  • Barang-barang dari kayu : 4 Unit dengan Tenaga Kerja 55 Orang
  • Industri Kimia : 5 Unit dengan Tenaga kerja 5 Orang
  • Usaha Pengolahan Tanah Liat : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 9 Orang
  • Usaha dari Semen : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 10 Orang
  • Barang Jadi : 1 Unti dengan Tenaga Kerja 5 Orang
  • Alat Angkutan : 2 Unit dengan Tenaga Kerja 10 Orang
  • Reparasi Kendaraan Bermotor : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 3 Orang
  • Pengolahan Lainnya : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 2 Orang
  • Mesin-mesin : 1 Unit dengan Tenaga Kerja 5 Orang

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.labuhanhaji.acehselatankab.go.id/ http://www.acehselatankab.go.id/