LEMBAGA MISSI RECLASSEERING - REPUBLIK INDONESIA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari LMR-RI)
Langsung ke: navigasi, cari

Pada 1931 yakni awal masa Kemerdekaan Indonesia, ada beberapa pejuang bangsa dan para patriot leluhur memiliki kesepahaman untuk mendirikan suatu Badan Reclasseering, yang memiliki tujuan murni bersama untuk membebaskan rakyat, bangsa dan tanah air dari belenggu penjajahan dan penindasan hak-hak asasi dari bangsa asing. Reclasseering sendiri merupakan usaha/upaya dalam melaksanakan dan mengawasu dalam koridor hukum dalam rangka mengembalikan tingkatan martabat dan derajat manusia ataupun bangsa pada tingkatan kehidupan yang lebih baik.dengan dimulainya proses Reclasseering bisa ditemukan jalur keadilan hukum dalam koridor yang seharusnya dan perlingdungan terhadap Hak-hak asasi manusia. karena diyakini tanpa adanya Reclasseering keputusan sebuah perkara belum bisa memberikan jaminan hukum dan keyakinan pada prosesnya.

Pembentukannya pada mulanya bertujuan untuk melaksanakan pembelaan terhadap terdakwa diperadilan sehingga mendapatkan pembebasan ataupun pengurangan hukum, serta memberikan perlindungan. Dan juga menjadi mesin penggerak nasional yang apda proses hukum waktu itu menjadi tawanan perang ataupun narapidana untuk dilepaskan statusnya menjadi orang merdeka. Kemudian lahirlah Badan Hukum Lembaga Missi Reclassering Republik Indonesia (LMR-RI)[1] yang diresmikan di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1950, selanjutnya Indonesia nomor J.A 5/105 tanggal 12 Nopember 1954, Berita Negara Nomor 105, Tambahan Lembaran Negara nomor 90 tahun 1954, diakui sebagai BADAN PESERTA HUKUM untuk Negara dan Masyarakat, yang dilindungi oleh hukum, mempertahankan dan memperjuangkan hak-hak didalam dan diluar pengadilan. Kemudian melalui penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia nomor J.H.7 1/6/2 Tanggal 9 Juni 1956, kembali mendapatkan pengakuan sebagai Perkumpulan Reclasseering.

Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang kebal hukum maka sudah menjadi hakikat dasar dari pejuang reformasi hukum untuk memberikan pelayanan dan perlindungan hukum yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan warga tertindas hak-hak asasinya dalam semua aspek kehidupan. Implementasi pembangunan bangsa hanya dapat terwujud jika penegakan supremasi hukum dapat disosialisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

http://www.lmr-ri.or.id
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan