LIDAR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lidar (pencari jarak laser) dapat digunakan untuk memindai bangunan, formasi batu, dll., untuk membuat model 3D. Lidar dapat menembakkan sinar lasernya dalam jarak jauh: kepalanya berputar secara horizontal, cermin berputar vertikal. Sinar laser digunakan untuk mengukur jarak menuju obyek pertama di jalurnya.

LIDAR (Light Detection and Ranging) adalah sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh. Metode untuk menentukan jarak menuju obyek atau permukaan adalah dengan menggunakan pulsa laser. Seperti teknologi radar, yang menggunakan gelombang radio daripada cahaya, jarak menuju obyek ditentukan dengan mengukur selang waktu antara transmisi pulsa dan deteksi sinyal yang dipancarkan. Teknologi LIDAR memiliki aplikasi dalam bidang arkeologi, geografi, geologi, geomorfologi, seismologi, peraba jarak jauh dan fisik atmosfer[1]. Sebutan lain untuk LIDAR adalah ALSM (Airborne Laser Swath Mapping) dan altimetri laser. Akronim LADAR (Laser Detection and Ranging) sering digunakan dalam konteks militer. Sebutan radar laser juga digunakan tapi tidak berhubungan karena menggunakan cahaya laser dan bukan gelombang radio yang merupakan dasar dari radar konvensional.

Pengukuran Lidar dari topografi bulan pada misi Clementine

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cracknell, Arthur P.; Hayes, Ladson (2007) [1991], Introduction to Remote Sensing (ed. 2), London: Taylor and Francis, ISBN 0849392551, OCLC 70765252