Kura-kura pipi-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kura-kura Pipi-putih
Siebenrockiella crassicollis dari Jawa
Siebenrockiella crassicollis dari Jawa
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudines
Famili: Geoemydidae
Genus: Siebenrockiella
Spesies: S. crassicollis
Nama binomial
Siebenrockiella crassicollis
(Gray, 1831)
Sinonim

Emys crassicollis Gray, 1831[1]
Emys nigra Blyth, 1855 (non Emys nigra Hallowell, 1854)
Bellia crassilabris Ttheobald, 1876 (ex errore)
Pangshura cochinchinensis Tirant, 1885
Bellia crassicollis Boulenger, 1889
Siebenrockiella crassicollis Mertens et al. 1934

Kura-kura pipi-putih (Siebenrockiella crassicollis) adalah sejenis kura-kura air tawar anggota suku Geoemydidae. Kura-kura ini banyak dipelihara sebagai hewan timangan; oleh karenanya memiliki banyak nama dalam perdagangan (Ingg.): Malaysian Black Mud Turtle, Black (Mud) Terrapin, dan juga Smiling Terrapin. Nama yang terakhir dilekatkan karena kura-kura ini memiliki bentuk tepi rahang (bibir) atas yang melengkung menyerupai senyuman.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

”The Smiling Terrapin”

Bertubuh relatif kecil, panjang tempurungnya mencapai 200 mm. Keping nukhal (tengkuk) sempit dan menyempit ke arah depan. Keping-keping vertebral juga sempit, sekitar 40% lebar keping kostal di tengah badan. Keping vertebral hampir sama panjangnya; yang no-1 melebar di sebelah depan, no-2 hingga 4 melebar di tengah-tengah, dan no-5 melebar di belakang. Keping kostal pertama yang paling besar, dan keempat yang paling kecil. Keping-keping marginal membentuk tepi tempurung yang rata di bagian depan, namun bergerigi di bagian belakang. Urutan panjang hubungan (yakni yang membentuk garis tengah) di antara keping-keping perisai perut adalah: abdominal > pektoral > femoral > anal > gular > humeral.[2]

Sisi bawah tubuh

Kura-kura yang berwarna hitam di bagian punggung (karapas), atas kepala, dan perut (plastron). Terdapat bercak putih atau pucat pada pipi dan di atas matanya. Garis-garis atau pola putih kekuningan terdapat di sekitar hubungan antara keping-keping perut, atau kadang kala hitam seluruhnya.[2]

Ekologi dan penyebaran[sunting | sunting sumber]

Punggung berwarna hitam merata

Kura-kura pipi-putih menyukai wilayah berair tenang seperti rawa-rawa atau sungai kecil berarus lambat. Dikenal terutama sebagai karnivor, jenis ini diketahui memangsa ikan, udang, dan aneka siput. Namun juga mau memakan buah-buahan dan dedaunan.

Kura-kura ini didapati menyebar di Burma, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Indonesia (Sumatra, Kalimantan, dan Jawa).

Perubahan dan kehilangan habitat diduga telah mengancam kelestarian jenis ini, ditambah lagi dengan tekanan penangkapannya di alam untuk diperdagangkan. Uni Konservasi Dunia (IUCN), telah memasukkan kura-kura pipi-putih ke dalam kategori Rentan (VU, vulnerable)[3]

Catatan taksonomis[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, Siebenrockiella crassicollis dianggap sebagai jenis monotipik (yakni, spesies tunggal) di dalam marganya. Sampai kemudian Diesmos dkk. (2006) melalui studinya terhadap genetika dan morfologi membuktikan bahwa kura-kura filipina (Heosemys leytensis) yang telah langka, seharusnya dimasukkan ke dalam marga yang sama menjadi Siebenrockiella leytensis.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gray, J.E. 1831. Synopsis Reptilium or short descriptions of the species of reptiles. Part I: Cataphracta, tortoises, crocodiles, and enaliosaurians: 21. Treuttel, Wurz & Co., London.
  2. ^ a b Iskandar, D.T. 2000. Kura-kura & Buaya Indonesia & Papua Nugini, dengan catatan mengenai jenis-jenis di Asia Tenggara. Penerbit ITB dan IUCN. Hal. 130-131.
  3. ^ Asian Turtle Trade Working Group 2000. Siebenrockiella crassicollis. In: IUCN 2009. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2009.2. Diakses pada 18 Januari 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]