Kura-kura brazil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kura-kura Brazil memiliki ciri-ciri yaitu semburat warna merah pada kedua sisi wajahnya.

Kura-kura brazil dikenal juga sebagai kura-kura ''red-ear slider'' atau dalam bahasa latin ''trachemys scripta elegans''. Hal ini disebabkan adanya semburat warna merah tepat di belakang matanya sehingga menyerupai telinga berwarna merah. Kura-kura brazil berasal dari bagian selatan Amerika Serikat, memiliki warna tempurung campuran antara hijau dan kuning. Daya tahan kura-kura brazil yang kuat membuat kura-kura mudah beradaptasi dengan lingkungan manapun. Umur kura-kura dapat mencapai usia 20 tahun dengan panjang maksimal sekitar 30 cm. Kura-kura Brazil berkembang biak dengan cara bertelur. Jumlahnya bervariasi antara 20 hingga 45 butir tergantung kesuburan dan cuaca. Kura-kura brazil biasanya bertelur sekitar bulan Agustus hingga September menjelang musim hujan. dan untuk menetas dibutuhkan waktu sekitar 3 minggu. Setelah menetas kura-kura brazil akan segera mencari perairan untuk tumbuh dewasa. Kura-Kura Brazil berwarna hijau tua dengan garis-garis kuning dan memiliki bercak merah pada setiap sisi di kepalanya. Kura-kura ini dapat mudah dibedakan oleh rahang bawahnya yang lebih bulat dibanding jenis pseudemys yang lebih kotak. Jari-jari kaki belakangnya dihubungkan oleh selaput seperti bebek karena mereka hewan air. untuk membedakan jenis kelamin, Jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. sedangkan kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.

Tempat Tinggal Kura-Kura Brazil[sunting | sunting sumber]

Karena Kura-kura brazil adalah hewan air, maka dari itu kita perlu menaruhnya di aquarium atau kolam yang nyaman dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhannya. jika kita tidak mau menyediakan kolam di luar, maka aquarium adalah solusi terbaik untuk kura-kura brazil. selain itu, dengan menggunakan aquarium, kita bisa lebih mudah untuk membersihkannya. kura-kura brazil adalah hewan air dan mereka membuang kotoran mereka ke dalam air, sehingga jika kita tidak menjaga kebersihan aquarium atau kolam maka akan menjadi sarang untuk kuman dan bakteri, untuk itu aquarium dan kolam harus selalu dalam keadaan bersih karena kesehatan kura-kura tergantung dari kebersihan aquarium atau kolam. jika tidak menggunakan filter, bersihkan dua hari sekali. untuk kura-kura bayi, bersihkan setiap hari dan jangan menggunakan produk yang abresif. Untuk ukuran aquarium bisa disesuaikan dengan ukuran dan jumlah kura-kura yang dimiliki. semakin besar aquariumnya, akan semakin baik untuk kura-kura, karena kura-kura mengalami pertumbuhan yang sangat cepat pada tahun-tahun pertama. Dan air yang disarankan adalah sekitar 3/4 dari panjang kura-kura. Dari kebanyakan pemelihara kura-kura air menganjurkan untuk menggunakan filter tabung Fluval 403. karena kura-kura brazil adalah hewan berdarah dingin, maka kita harus menjaga suhu tetap stabil antara 20 °C sampai 28 °C dengan menggunakan ''submersible heater'' atau pemanas air yang berbentuk tabung panjang berisi coated wire. selain itu, kita perlu menyediakan daerah berjemur untuk kura-kura, dimana kura-kura dapat menjadi benar-benar kering berjemur di bawah sinar matahari atau lampu khusus reptil, karena di alam bebas, kura-kura akan menghabiskan waktunya untuk berjemur dibawah sinar matahari. hal ini sangat penting, karena suhu yang hangat dapat meningkatkan kekebalan tubuh kura-kura, dan kura-kura brazil membutuhkan sinar UV untuk dapat memproses makanannya dengan baik dan menyerap nutrisi dari makanannya. untuk menambahkan dekorasi pada kolam atau aquarium harus berhati-hati. misalnya ingin menambah bebatuan, harus memilih tipe batu yang tidak tajam karena batu yang tajam dapat melukai cangkang kura-kura. lalu penambahan pasir atau tanaman plastik tidak disarankan, karena ada kemungkinan kura-kura akan memakannya dan dapat menyebabkan komplikasi usus yang serius.

Makanan Kura-Kura Brazil[sunting | sunting sumber]

Kura-kura brazil termasuk hewan omnivora atau pemakan segala, namun dalam pemeliharaannya kita harus pandai-pandai memvariasikan jenis makanan kura-kura agar nutrisi bagi kura-kura terpenuhi. Kura-kura bayi biasa lebih suka memakan daging-dagingan, sedangkan kura-kura dewasa biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan. berikut ini, merupakan beberapa variasi makanan kura-kura brazil, antara lain:

  • Sayuran

Kura-kura brazil suka mengonsumsi semua jenis sayuran hijau seperti lettuce, sayuran putih seperti sawi dan juga wortel, serta sayuran yang mengandung banyak kalsium yang sangat baik untuk perkembangan tempurungnya.

  • Pelet

Pelet merupakan makanan yang paling mudah untuk diberikan dan dapat dibeli dibanyak tempat. namun pemberian pelet ini tidak boleh diberikan terus-menerus dan harus diselingi oleh pemberian makanan yang lain.

  • Buah

Kura-kura juga menyukai buah seperti pepaya, pisang dan tomat, namun pemberiannya tidak boleh terlalu sering karena dapat membuat kura-kura sering buang air besar.

  • Serangga dan cacing

karena kura-kura brazil hidup di habitat bebas, maka kura-kura juga menyukai beberapa jenis serangga seperti jangkrik yang merupakan makanan yang sangat baik untuk kura-kura, dan juga cacing. sesekali makanan ini boleh diberikan kepada kura-kura brazil.

  • Ikan dan daging ayam

Kura-kura sangat menyukai daging mentah, namun daging mentah tidak baik diberikan untuk kura-kura karena mengandung banyak lemak dan dapat menyebabkan kegemukan dan daging mentah tidak menyediakan nutrisi yang dibutuhkan kura-kura. sebaiknya kura-kura diberikan daging yang sudah dimasak tanpa bumbu. dan untuk pemberian ikan, hindari pemberian ikan laut dan ikan yang sudah dibekukan, karena ikan ini mencegah menyerapnya beberapa nutrisi dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang.

  • Tulang sotong

Tulang sotong juga bagus karena merupakan sumber kalsium untuk kura-kura. Tulang sotong dapat dibeli di toko-toko hewan termasuk di toko burung karena tulang sotong juga dipakai untuk burung.

Kura-kura brazil termasuk hewan yang memiliki nafsu makan sangat besar dan akan selalu meminta makanan. pemberian makanan yang disarankan adalah dua sampai tiga kali seminggu, atau bisa dengan alternatif lain, yaitu pemberian makanan setiap hari namun dengan porsi yang kecil. jika kura-kura mulai gemuk, maka kita harus memperhatikan apa makanan yang diberikan dan mulai mengurangi porsi makanannya. untuk pemberian pelet atau makanan yang dibeli di toko-toko hewan, kita harus memperhatikan kandungan nutrisinya. makanan yang baik mengandung protein kurang dari 35% dan mengandung kalsium serta vitamin A. selain itu kita juga bisa memberikan suplemen vitamin yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata kura-kura, dua kali seminggu.

Kura-Kura tidak napsu makan[sunting | sunting sumber]

Kura-kura kadang suka menolak makanan yang diberikan. jika dia menolak makanan yang diberikan, jangan khawatir. coba berikan makanan lainnya. terkadang masalahnya kura-kura mengharapkan makanan yang sedang diingininya namun tidak diberikan, dan dia akan menolak makan sampai makanan yang diinginkannya diberikan. selama kura-kura mau makan sesuatu, berarti tidak ada masalah dengan kesehatannya. kita patut curiga kura-kura sakit jika kura-kura menolak semua makanan yang diberikan.

Penyakit[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan, penyakit yang timbul dikarenakan kurang bagusnya kualitas air, kurang pencahayaan dan gizi yang kurang baik. ciri-ciri Kura-kura sakit:

Yang harus dilakukan untuk kura-kura sakit:

  • Menjaga kebersihan air
  • Menaikkan suhu 23 °C sampai 30 °C
  • Memperhatikan kotorannya
  • Terus memberikan makanan kepada kura-kura

Jenis penyakit yang dialami kura-kura dan gejalanya:[sunting | sunting sumber]

Gejala Penyebab
Jendolan kecil (tumor abcesses) kurang vitamin E dan masalah gizi
resah Masalah usus, sembelit, penahanan telur, parasit usus
Kurang nafsu makan Hampir mencakup semua keadaan yang fatal
Darah dalam kotoran Luka pada usus yang disebabkan oleh bound, septicemia, amebiasis dan parasit usus lainnya
Bernafas dengan mulut terbuka Pilek, radang paru-paru
Berbunyi waktu bernafas Peradagangan virus pilek
Perubahan warna pada tempurung Kebanyakan kaporit/chlorine dalam air, masalah gizi, kekurangan vitamin A
Tempurung cacat Kekurangan vitamin D3, hy dan kekurangan fosfor, kurang terkena matahari langsung atau sinar UV, masalah gizi, aquarium terlalu kecil, Pyraymiding
Skat (scutes) lepas berjatuhan Kekurangan vitamin A. Jika kura-kura juga menderita perubahan warna atau bercak seperti cahaya di tubuhnya, serangan mycose patut dicurigai
Pelunakan tempurung Punggung mengalami rachitysm.
Bercak pada tempurung dan kulit Kekurangan vitamin A, terkena parasit mycetes
Sesuatu yang tergantung pada kloaka Turunnya penis atau usus
Susah buang air besar Masalah nutrisi seperti terlalu banyak makanan kering, masalah usus, penahanan telur
Diare Masalah nutrisi, memberi buah-buahan terlalu asam, parasit usus
Pembengkakan telinga Luka bernanah disebabkan oleh otitis, kena pilek
Mata mengeluarkan nanah atau air mata Peradangan virus pilek
Mata exhorbited Kekurangan vitamin A, makanan yang buruk – kebanyakan lemak, infeksi kelopak mata
Kelopak mata menempel menjadi satu Keluar dari hibernasi, pilek, atau ada sesuatu di matanya, kurang gizi
Pendarahaan generalized tetapi jarang, kulit merah, sangat lesu Keracunan darah (septicemia)
Bercak putih atau kekuningan di dalam mulut. Pembusukan mulut(herpes)
Lendir seperti benang keluar dari mulut dan hidung Pilek, peradangan virus pilek
Lumpuh (sebagian atau semuanya) Trauma umum, jatuh
Ganti kulit (shedding) yang berlebihan Kebanyak kaporit/chlorine di dalam air
Berenang mundur setelah menggosok kepalanya pada tempurungnya atau kepala selalu berada di dalam tempurungnya Rasa tidak menyenangkan di bagian depan
Berenang miring atau berat sebelah Radang paru-paru (pneumonia)
Kerongkongan bengkak Peradangan dalam mulut (stomatitis), herpes
Muntah Kura-kura makan terlalu cepat, reaksi alergi terhadap obat

Beberapa cara pengobatan penyakit:[sunting | sunting sumber]

Gejala Penyebab Pengobatan
Mata bengkak atau berair, tertutup, mengeluarkan cairan putih, kulit terlihat merah. Kemungkinan Edema. Infeksi bakteri pada mata yang disebabkan oleh sistem filterisasi yang kurang baik dan kotornya air. kesalahan dalam pengaturan suhu juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini. antibiotik berbentuk salep yang dioleskan pada mata jika disebabkan oleh infeksi bakteri. jaga juga kebersihan air dan lingkungan kura-kura.
Luka yang disebabkan oleh sel-sel mati disekitar mulut. kemungkinan menolak untuk diberi makan dan mata membengkak. Infeksi bakteri pada mulut biasanya dapat ditemukannya organisma gram-negatif. Menular pada jenis hewan lainnya. jika ada di dalam kondisi serius, maka harus dilakukan pengobatan yang cepat. bersihkan mulut dengan cairan povidone-iodine beberapa kali sehari untuk membersihkan sel-sel mati. antibiotik yang langsung berhubungan dengan luka juga efektif untuk melawan Gram-negatif organisma. sebaiknya pisahkan kura-kura yang terinfeksi penyakit dengan kura-kura lainnya agar tidak menular.
kurang bertenaga, kemungkinan kura-kura menyanggah kepalanya lebih tinggi atau dalam posisi tidak biasa, lemah kaki depan dan belakang, mengeluarkan cairan dari hidung atau mulut diikuti sesak napas. infeksi bakteri pada saluran pernapasan, kemungkinan pneumonia. suntikan antibiotik dari dokter.
lemahnya tempurung bagian atas atau bawah yang kemungkinan disebabkan pecahnya pembuluh darah. tercium bau tidak sedap dari daerah sekeliling. biasanya disebabkan organisma gram-negatif, infeksi bakteri pada tissue yang berasal dari trauma atau penyakit tertentu. daerah yang sakit harus dibersihkan dengan cairan providone iodine secara rutin dan dioleskan antibiotik. sel-sel mati dibersihkan secara perlahan dan kura-kura yang sakit harus dipisahkan secepatnya dengan yang lain. penyakit ini dapat disebabkan luka trauma seperti terbakar atau goresan yang disebabkan batu tajam pada aquarium, dll.
Kurang bertenaga, kaki atau tempurung bawah terlihat kemerahan. umumnya septicemia atau keracunan pada darah yang disebabkan oleh luka trauma atau air terkontaminasi. ada kemungkinan hepatosis jika lever ikut terserang dengan cepat. melalui antibiotik dan terapi pendukung. dibutuhkan juga tes darah untuk memantau kemajuan pengobatan.
tempurung bagian atas lunak dan tidak rata, lemahnya kaki dan tidak napsu makan kekurangan kalsium jika kondisi parah kemungkinan tidak dapat tertolong. pengobatannya bisa berupa suntikan kalsium ditambah makanan kalsium dan perawatan dibawah sinar lampu UV-B.
Catatan: Gejala tempurung lembek, jangan disamakan dengan kura-kura jenis tempurung lunak (Soft-shell) seperti jenis Tryonix/Apalone.
luka baru perkelahian atau lecet akibat benda tajam jika karena berkelahi, pisahkan kura-kura. jika karena benda tajam, jauhkan benda tajam dari aquarium. untuk pengobatan bersihkan luka perlahan dengan cairan povidone iodine dan jaga kebersihan luka sampai sembuh total. perhatikan juga gejala infeksi kedua seperti septicernia, necrotic dermatitis.
bengkak atau merah di samping kepala. kemungkinan bisul telinga kurang bersihnya air pembedahan dengan pembiusan lokal

Kekurangan vitamin (Hypovitaminosis) :[sunting | sunting sumber]

Vitamin A

Vitamin D3

Vitamin E

Grup Vitamin B

Kekurangan zat besi

Kekurangan fosfor dan kalsium

Penyakit mata

  • Gejala: Jika kura-kura selalu menutup matanya, membengkak dan akhirnya tidak mau makan. Kemungkinan terjadi infeksi mata. Infeksi ini disebabkan karena air yang kotor atau kekurangan vitamin A.
  • Pencegahan: Gantilah airnya lebih sering. Naikkan suhu ke 23 sampai 30 °C. Nyalakan terus lampu jemurnya. bersihkan matanya dengan air distilasi dan larutan boric acid atau air dengan garam atau standard sulfamethiazine. Lakukan pada pagi dan malam hari. untuk mengolesi larutannya dapat menggunakan cotton bud. buka kelopak matanya supaya larutannya bisa masuk ke dalam matanya. Beri kura-kura suplemen vitamin secara rutin. Jika tidak ada kemajuan pada kondisi kura-kura dalam jangka waktu 5 hari, bawalah segera ke dokter.

Infeksi pernapasan

  • Gejala: hidung meler, mulutnya tidak benar-benar tertutup rapat atau berbunyi, berenang miring ke satu sisinya, lesu dan tidak mau makan.
  • Yang perlu dilakukan: Jika infeksi pernapasannya masih dalam tahap ringan, tutup ruangan dengan rapat untuk menghindari kotoran udara. Jaga airnya untuk tetap hangat, inilah faktor yang paling penting untuk kura-kura untuk dapat memerangi infeksi ini. Jika memiliki lebih dari satu kura-kura, pisahkan yang sakit dari yang lainnya, karena infeksi ini menular. Jika kondisinya tidak membaik dalam lima hari, bawalah segera ke dokter.

Infeksi jamur tempurung

  • Jika kura-kura seperti memiliki lapisan putih pada tempurungnya, bisa dicurigai infeksi jamur. Jika infeksinya belum parah, dapat memandikan kura-kura dengan air garam selama 30 menit setiap hari. perubahannya akan terlihat dalam dua hari dan akan sembuh dalam 10 hari. Jika tidak ada perubahan dalam seminggu, bawalah ke dokter.

Tempurung lunak

  • Tempurung lunak dan terlihat bercak putih. Kondisi yang serius ini yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan kurangnya sinar berspektrum penuh. Meskipun kura-kura diberi makanan yang kaya dengan kalsium seperti tulang sotong atau suplemen kalsium, kura-kura tidak akan dapat memproses kalsiumnya dengan baik jika tidak ada sinar berspektrum penuh. tambahkan waktu menjemur dan jika lunaknya sudah parah atau tidak ada kemajuan, bawalah segera ke dokter.

Sembelit

  • Penyebab sembelit (susah buang air besar) adalah pada makanannya. Ini sangat mudah dilihat. ketika dikasih makan dan kura-kura tidak buang air besar, kemungkinan kura-kura sembelit. Seringnya buang air besar tergantung pada seringnya pemberian makan dan jenis makanan yang dimakan. Sebagai peraturan umumnya, jika terlihat kura-kura menendang-nendang ekornya dengan kaki belakangnya dan tidak ada gerakan perutnya beberapa saat, dapat ditebak adanya sembelit. Taruhlah kura-kura di wadah dengan air yang lebih hangat daripada air yang ada di aquariumnya. Suhu yang lebih hangat akan memengaruhi gerakan proses perutnya. Jika tidak terjadi apa-apa, maka tunggulah 5 jam lalu cobalah sekali lagi. Variasikan makanannya, jangan memberi makan yang selalu sama setiap kali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.kurabrazil.com/

http://www.redearslider.com/

http://www.reptilx.com/