Kupiškis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kupiškis
Kota
City view from northwest
City view from northwest
Lambang kebesaran Kupiškis
Negara Lituania
County County Panevėžys
MunisipalitasMunisipalitas Distrik Kupiškis
EldershipKupiškis eldership
Capital ofKupiškis district municipality
Kupiškis eldership
First mentioned1460
Penjaminan hak kota1791
Populasi
 (2012)
 • Total7.892
Zona waktuUTC+2 (EET)
 • Musim panas (DST)UTC+3 (EEST)

Kupiškis ialah sebuah kota di Lituania barat laut di kabupaten Panevėžys. Merupakan ibu kota kotamadya distrik Kupiškis, Kupiškis terletak di Lėvuo dan Kupa, dan dari nama sungai yang terakhir inilah nama kota ini diturunkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal pasti pendirian Kupiškis tak diketahui. Menurut bukti arkeologis orang telah tinggal di daerah ini setidaknya dari 3000-2000 SM. Ada bukti arkeologis berupa kastel kayu abad ke-13 di benteng bukit setempat (Aukštupėnų Piliakalnis). Dalam sumber-sumber historis Kupiškis pertama kali disebutkan pada 1529.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Menurut Biro Pusat Statistik Lituania, penduduk Kupiškis sejak 1 Januari 2005 ialah 8.243 dan 23.901 kotamadya distrik Kupiškis. Susunan etnis di kotamadya distrik Kupiškis, menurut sensus 2001:

Yahudi di Kupiškis[sunting | sunting sumber]

Kupiškis-dikenal dalam bahasa Yiddish sebagai Kupishok-ialah tempat sekitar 1.444 orang Yahudi sebelum PD II. Sinagog Besar di Kupiškis terbuat dari batu. Bagian bata merahnya ialah Sinagog Misnagdim. Sinagog Besarnya digunakan sebagai Rumah Budaya selama masa Uni Soviet. Bagian Misnagdim kini digunakan sebagai ruang pemanas untuk memanaskan bangunan utama yang kini memuat Perpustakaan Umum dan Dinding Peringatan Holocaust yang didirikan pada 13 Juli 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi kotamadya distrik Kupiškis Diarsipkan 2011-09-28 di Wayback Machine.