Kuiras otot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuiras otot perunggu, 370-340 SM

Pada antikuitas klasik, kuiras otot[1] atau kuiras heroik adalah sejenis zirah badan yang pas dengan torso pemakainya dan dirancang untuk menggambarkan bentuk tubuh ideal manusia. Zirah ini muncul pertama kali pada Yunani Arkaik akhir dan menyebar sepanjang abad ke-5 dan ke-4 SM.[2] Kuiras otot banyak digambarkan dalam seni Yunani dan Romawi, yang menampilkannya dikenakan oleh para jenderal, kaisar, dan dewa. Dalam seni pahat Romawi, kuiras otot banyak dihiasi oleh adegan mitologis. Temuan arkeologi kuiras yang tanpa hiasan, selain juga penggambarannya oleh seniman dalam adegan pertempuran, menunjukkan bahwa versi yang lebih sederhana dikenakan dalam pertempuran.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also found as "muscled cuirass" or "muscular cuirass." The contemporary Latin phrase lorica musculata appears not to be used among scholars, but will be found at reenactment websites. The word musculatus (nor any verb from which it might derive) does not exist in Classical Latin, according to the Oxford Latin Dictionary, nor in late antiquity, according to the Latin Dictionary of Lewis and Short, which includes patristic writers of the early Christian era.
  2. ^ M. Treister, "The Theme of Amazonomachy in Late Classical Toreutics: On the Phalerae from Bolshaya Bliznitsa," in Pontus and the Outside World: Studies in Black Sea History, Historiography, and Archaeology (Brill, 2004), p. 205; Charlotte R. Long, The Twelve Gods of Greece and Rome (Brill, 1987), p. 184.