Kuil Shri Mariamman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kuil Shri Mariamman
Informasi umum
Mulai dibangun 1881
Direnovasi 1. 1950an
2. 1989

Kuil Shri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di Kota Medan, Indonesia. Kuil ini dibangun pada tahun 1881 untuk memuja dewi Shri Mariamman.[1] Kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling. Kuil yang menstanakan lima dewa, masing-masing Dewa Shri Vinayagar, Shri Murugan, dan Dewi Shri Mariamman (Durga dalam wujud Kali) itu dikelola salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, Lila Marimutu. Pintu gerbangnya dihiasi sebuah gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura.

Kuil Shri Mariamman lainnya[sunting | sunting sumber]

Medan[sunting | sunting sumber]

Sebuah Kuil Shri Mariamman yang lain juga terletak di Medan, di sebelah selatan kota, dekat Sungai Sepit. Kuil ini dibangun pada tahun 1876. Setiap tahun di kuil ini dilaksanakan ritual Theemithi, yaitu ritual berjalan di atas api, dalam rangka perayaan Thaipusam.

Singapura dan Malaysia[sunting | sunting sumber]

Kuil Shri Mariamman di Singapura adalah kuil Hindu tertua dan terbesar di negara tersebut. Kuil ini dibangun pada tahun 1843. Di Penang, Malaysia, terdapat sebuah Kuil Sri Mariamman yang dibangun pada tahun 1883, dan merupakan kuil Hindu tertua di sana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amalia Wiliani. 14 Maret 2013. Shri Mariamman, Kuil Tertua di Medan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]