Pastri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kue pastri)
Kue kering Palmier
Pai bluberi dari adonan kue kering

Pastri, kue kering atau disingkat kuker (bahasa Inggris: pastry) atau adalah nama produk makanan kering yang terbuat dari adonan tepung gandum dan umumnya dipanggang. Adonan tersebut disebut dengan adonan pastri.[1] Selain tepung terigu, pastri juga umumnya menggunakan gula, susu, mentega, lemak, bubuk pengembang dan/atau telur. Adonan diguling dengan halus dan digunakan sebagai bahan dasar kue kering. Makanan-makanan dari kue kering umumnya adalah pai, kue tar, dan kise.

Pastri berbeda dengan roti karena mengandung lemak lebih tinggi, sehingga menghasilkan kue kering dengan tenunan (texture) yang rapuh dan garing. Kue pastri yang baik terasa ringan dan rapuh, tetapi cukup keras untuk menahan isian. Ketika membuat pastri tipis, pembuatan harus diperhatikan secara hati-hati ketika mencampurkan lemak dan terigu sebelum ditambahkan cairan, sehingga bubuk terigu telah bercampur dengan lemak dan tidak berubah menjadi gluten. Namun sebaliknya, mencampurkan terlalu lama membuat kue kering menjadi keras. Kue kering lainnya, seperti Kue Kering Denmark dan roti bulan sabit (croissant), tenunan rapuh dari kue kering tersebut didapatkan ketika adonan digulung berkali-kali seperti roti ragi, lalu diolesi dengan mentega, dan kemudian dilipat sampai menghasilkan lipatan-lipatan tipis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • "Pastry" – entry at Encyclopædia Britannica
  1. ^ (Indonesia) Arti kata pastri dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.