Kue kering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kue kering
Choco chip cookie.jpg
Kue kering

Kue kering adalah istilah yang sering  di gunakan untuk  kue yang bertekstur keras tapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.

Kue kering berbentuk karakter pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu.

Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama.

Seiring ketatnya tingkat persaingan dalam pemasaran kue kering terutama dalam moment khusus perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri bagi umat muslim atau Paskah dan natal bagi umat Kristiani, menuntut setiap produsen makanan untuk lebih kreatif dalam menciptakan hasil olahan yang baru, beda dengan para pesaingnya.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Kue kering tercipta dari kejelian produsen makanan ringan dalam menangkap kejenuhan pasar terhadap kue kering yang beredar di masyarakat saat ini. Mereka menciptakan variasi-variasi baru dalam mengolahnya, dengan variasi cetakan kue kering lalu atasnya diolesi / di glasur dengan olahan gula dan coklat putih yang telah diwarnai.

Kue basah[sunting | sunting sumber]

Kue basah umumnya empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari). Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lekas basi. Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kue basah biasanya dapat ditemui di pasar tradisional di Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kue Kering | Aneka Resep Kue Kering

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]