Kue busa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kue busa (schuimpjes)

Kue busa (bahasa Belanda: schuimpje, bahasa Inggris: meringue) adalah kue kering yang manis dan ringan. Adonan dibuat dari putih telur yang dikocok hingga berbusa dengan gula halus hingga kaku. Kue dibentuk dengan bantuan kantong segitiga, dan dipanggang perlahan di dalam oven. Kue ini sama sekali tidak memakai tepung terigu, dan mudah larut di dalam mulut.

Beberapa resep kue busa memakai bahan pengikat seperti pati jagung (bahan pencampur gula tepung) atau krim tartar. Kue ini sering diberi perisa vanila, cokelat, atau ekstrak amandel. Hingga awal abad ke-19, kue ini dibentuk dengan sendok karena belum ada kantong segitiga untuk mendorong adonan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kue ini diklaim sebagai ciptaan seorang pembuat kue bernama Gasparini dari Swiss pada tahun 1720. Ia membuka toko di Mehrinyghen, sebuah kota kecil di Sachsen-Coburg und Gotha, Jerman, atau di Swiss menurut sumber lain.[1] Kue kering bernama meringue pertama kali muncul dalam buku resep masakan oleh François Massialot yang diterbitkan tahun 1692.[2] Ketika buku resep tersebut diterjemahkan pada tahun 1706, istilah meringue untuk pertama kalinya masuk ke dalam buku berbahasa Inggris.

Abad sebelumnya, dua manuskrip Inggris dari abad ke-17 memuat resep kue kering yang bisa dikenali sebagai kue busa. Pada waktu itu, kue ini disebut "white biskit bread" (roti biskuit putih). Resepnya ditulis pada tahun 1604 oleh Lady Elinor Fettiplace dari Appleton di Berkshire (sekarang Oxfordshire), Inggris.[3] Resep serupa menyebut kue ini sebagai "pets" dalam koleksi resep yang ditulis oleh Lady Rachel Fane dari Knole, Kent, Inggris.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montagné, Prosper (1976). Larousse Gastronomique. London: Hamlyn. hlm. 620. ISBN 0-600-02352-4. 
  2. ^ Massialot, Nouvelle instruction pour les confitures, les liqueurs et les fruits, (Paris, Charles de Sercy), 1692, dikutip oleh Douglas Muster
  3. ^ John Spurling menerbitkan transkripsi dari buku Lady Fettiplace dalam 3 volume (Bristol:Stuart Press) 1994, dikutip oleh Douglas Muster.
  4. ^ Dikutip oleh Michael Barry, Old English Recipes, (Jarrod) 1995:64f dari manuskrip yang disimpan di Centre for Kentish Studies, Maidstone, Kent.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]