Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 – Zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut merupakan Babak Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 untuk Zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia di bawah naungan CONCACAF.

Seluruh tim yang berada di dalam Zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia yang tergabung pula bersama dengan FIFA ikut serta, kecuali Bendera Puerto Riko Puerto Riko yang menolak untuk bermain 2 babak dalam Babak Kualifikasi sehingga ditolak masuk oleh FIFA. Sehingga, pada akhirnya 34 tim ambil bagian, memperebutkan 4 atau 5 tempat di putaran final di Jerman.

Proses kualifikasi dibagi dalam 3 babak. Pada Babak Kualifikasi, seluruh tim dibagi dalam 11 grup hasil undian yang terdiri atas 3 tim dan 1 grup yang terdiri atas 2 tim. Pada grup yang berisi 3 tim, tim dengan peringkat tertinggi di setiap grup langsung melaju ke Babak Kedua. Sementara, tim lainnya wajib bermain satu sama lain kandang – tandang, kemudian pemenang akan melaju melawan tim yang otomatis melaju ke babak ke-dua di grup tersebut. Ke-12 pemenang dari Babak Kedua di setiap grup berhak melaju ke Babak Semifinal.

Pada Babak Semifinal, ke-12 tim yang berhak melaju dari Babak Kualifikasi dibagi dalam tiga grup hasil undian yang masing – masing terdiri atas 4 tim. Setiap tim diwajibkan bermain kandang – tandang satu sama lain. Dua tim pemuncak tiap grup berhak melaju ke Babak Final.

Pada Babak Final, 6 tim yang lolos dari Babak Kedua digabungkan menajdi 1 grup dan diwajibkan bermain satu sama lain kandang – tandang. 3 tim yang meraih poin tertinggi berhak melaju secara otomatis ke putaran final Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Sementara, peringkat ke-4 berhak mewakili CONCACAF dalam pertandingan play-off melawan wakil AFC untuk mendapatkan tiket ke putaran final.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Babak Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Sejumlah 12 tim berhak melaju ke Babak Semifinal, yaitu :

Babak Semifinal[sunting | sunting sumber]

Grup 1[sunting | sunting sumber]

Grup 2[sunting | sunting sumber]

Grup 3[sunting | sunting sumber]

Babak Final[sunting | sunting sumber]

Hasil Akhir[sunting | sunting sumber]

Sejumlah 3 tim berhak melaju secara otomatis ke putaran final Piala Dunia FIFA 2006.

Tim Kehadiran Putaran Final Kehadiran Terakhir
Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat Ke-8 Edisi 2002
Bendera Kosta Rika Kosta Rika Ke-3 Edisi 2002
Bendera Meksiko Meksiko Ke-13 Edisi 2002

Sementara, Bendera Trinidad dan Tobago Trinidad dan Tobago berhak melaju ke babak play-off untuk melawan tim terbaik ke-5 dari Zona Asia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]