Kristus Raja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Kristus Raja dari arah kota Dili

'Kristus Raja' adalah patung Kristus yang dibangun di atas bukit tanjung Fatucama, bagian timur kota Dili, Timor Leste. Patung ini dibangun pada tahun 1996 sebagai peringatan integrasi Timor Timur ke Indonesia. Ketinggian patung tersebut adalah 27 meter. Angka 27 melambangkan Timor Timur sebagai provinsi Indonesia yang ke 27 pada saat itu. Patung ini merupakan patung terbesar kedua di dunia setelah Patung Christ The Redeemer, Brazil, dengan tinggi patung 36 meter di atas bukit setinggi 1,5 km.

Area perbukitan tersebut masih rendah, namun masih ada area perbukitan lain yang dengan ketinggian kurang lebih 3,5 km yaitu bukit Ramelau yang terletak di wilayah bagian timur dengan didirikan patung Bunda Maria dengan 16 km .

Patung kristus raja ini didirikan pada bulan Oktober 1996. Area ini merupakan area kudus yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan persembahan doa demi keselamatan. Namun kini meski dijadikan sebagai tempat kudus,tempat tersebut juga dijadikan sebagai obyek wisata. Area ini sangat bagus dan sejuk akan menikmati hamparan angin laut dari arah utara.

Daerah ini sering dan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Daerah ini juga dikatakan daerah yang strategis karena dengan menghubungkan sebuah objek wisata yang dinamakan kawasan Pasir Putih dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya.