Kristin Kreuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kristin Kreuk
Kristin Kreuk, 2011
Lahir Kristin Laura Kreuk
30 Desember 1982 (umur 31)
Vancouver, British Columbia, Kanada
Pekerjaan Aktris, produser eksekutif
Tahun aktif 2001–sekarang

Kristin Laura Kreuk (lebih dikenal dengan nama Kristin Kreuk; lahir di Vancouver, British Columbia, Kanada, 30 Desember 1982; umur 31 tahun) adalah seorang aktris dan juga model di Kanada, mulai dikenal sejak perannya dalam serial televisi remaja Kanada yang berjudul Edgemont sebagai Laurel dan menjadi populer sejak memerankan tokoh Lana Lang di serial televisi Smallville produksi Warner Bros, Amerika Serikat.

Dilahirkan di Kanada di kota Vancouver, British Columbia. Ayahnya, Peter Kreuk, adalah seorang keturunan Belanda dan Ibunya, Deanna Che, adalah seorang keturunan etnis Tionghoa yang lahir di Indonesia. Dia mempunyai seorang adik perempuan bernama Justine Kreuk yang berusia lima tahun lebih muda darinya. Kristin berencana untuk belajar tentang Psikologi, Ilmu lingkungan hidup, ilmu Forensik di Universitas Simon Fraser ketika pada waktu itu seorang sutradara dari CBC TV untuk serial Edmont, mencari seseorang yang berwajah eksotis untuk memerankan Laurel di acara Vancouver-shot show. Kristin yang sebelumnya tidak mempunyai pengalaman sama sekali di dunia akting, hanya memiliki pengetahuan musik yang ia dapat di Sekolah Menegah Atas, diyakinkan untuk mengikuti audisi tersebut oleh guru dramanya. Diluar dugaan Kristin berhasil terpilih.

Setelah musim pertama pembuatan serial Edgemont, selanjutnya Kristin juga bermain di film televisi yang berjudul Snow White: The Fairest of Them All sebagai sang putri salju. Film ini mulai ditayangkan pada 17 Maret 2002.

Setelah Snow White, pembimbing sekaligus manajer Kristin mengirimkan sebuah kaset yang berisikan audisi peran kepada seorang penulis film Alfred Gough dan Miles Millar yang pada waktu itu menempatkan bersama peran dari sebuah acara yang mereka buat untuk Jaringan Warner Bros berjudul Smallville. Program tersebut, yang pengambilan gambarnya di Vancouver, bercerita tentang seputar kehidupan dari remaja yang bernama Clark Kent, alias Superboy. Gough dan Millar memanggil Kristin ke studio Warner Bros yang berada di Burbank, California untuk melakukan audisi peran kekasih Clark Kent, Lana Lang. Pada awalnya Kristin tidak yakin tentang audisi peran sebagai Lana Lang, yang mana karakter tersebut mempunyai sifat yang agak genit, penari sorak yang populer yang mana membuat Kristin berasumsi peran tersebut kelihatan bodoh dan dangkal. Namun ketika selama membaca skenario "graveyard scene" from the pilot, Kristin sangat terkesan sehingga ketika dia ditawarkan peran tersebut, dia langsung menerimanya.

Kristin Kreuk juga pernah menjadi gadis sampul untuk produk perawatan kulit Neutrogena, dimana eksekutif Neutrogena memutuskan menjadikannya gadis sampul untuk kampanye iklan seluruh dunia mereka yang baru; dalam hal ini Kristin mengikuti langkah sesama bintang-bintang remaja Jennifer Love Hewitt dan Mandy Moore.

Pada musim panas 2003, Kristin Kreuk tampil cemerlang dan menjadi bintang utama di film layar lebar pertamanya Eurotrip (2004), yang juga dibintangi antara lain oleh Scott Mechlowicz dan Michelle Trachtenberg. Film yang mengambil lokasi di Praha, Ceko ini juga menampilkan akting cemerlang Matt Damon dan Lucy Lawless.

Pada musim panas 2004, Kristin bermain dalam miniseri untuk Sci Fi Channel Legend of Earthsea, yang dibintangi antara lain oleh Shawn Ashmore dan Danny Glover dan berdasarkan novel karya Ursula K. Le Guin. Perannya, Tenar, adalah murid Pendeta Tinggi Wanita Thar dari Kuburan Atuan diperankan oleh Isabella Rossellini. Dua seri dari miniseri tersebut, mengambil lokasi syuting di Vancouver, disutradarai oleh Rob Lieberman dan diproduksi bersama oleh Lawrence Bender yang juga memproduksi film Pulp Fiction. Mulai ditayangkan pada 13 Desember, 2004.

Kabar terakhir mengenai Kristin adalah sedang ikut dalam pembuatan film yang berjudul Partition yang disutradarai oleh Vic Sarin dan dibintangi antara lain oleh Jimi Mistry dan Neve Campbell.

Seorang Kristin Kreuk senang berkumpul dengan teman-temannya, pergi menonton film, membaca, dansa dan pergi ke tempat senam. Buat kebanyakan orang, kesenangan Kristin akan hal-hal tersebut terlalu biasa bagi seorang yang terkenal.

Kristen Kreuk pernah berkata, "Sometimes I love (acting) but then sometimes I think it's too much for me. And I don't know if it i something that I could do for the rest of my life." ("Terkadang aku suka berakting namun kadang-kadang aku pikir semua itu terlalu berlebih buatku. Dan aku tidak tahu apakah itu yang akan kulakukan untuk seumur hidupku.")

Pranala luar[sunting | sunting sumber]