Krisis sandera kereta api Belanda 1975

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Krisis sandera kereta api Belanda 1975
Lokasi Wijster, Belanda
Koordinat52°49′N 6°31′E / 52.817°N 6.517°E / 52.817; 6.517Koordinat: 52°49′N 6°31′E / 52.817°N 6.517°E / 52.817; 6.517
Tanggal2 Desember - 14 Desember 1975
SasaranKereta api
Jenis serangan
Pembunuhan, penyanderaan
SenjataSenjata api / pistol
Korban tewas
3
Korban luka
tidak diketahui
PelakuPemuda Maluku
MotifRepublik Maluku Selatan merdeka

Pada tanggal 2 Desember 1975 ketika tujuh teroris Republik Maluku Selatan (RMS) menangkap sebuah kereta api dengan sekitar 50 penumpang di pedesaan terbuka dekat desa Wijster, di tengah jalan antara Hoogeveen dan Beilen di bagian utara Belanda. Pembajakan berlangsung selama 12 hari dan tiga sandera tewas.

Pada saat yang sama, tujuh warga Maluku Selatan lainnya disandera di Konsulat Indonesia di Amsterdam.

Para penyerang berasal dari Bovensmilde, sebuah desa di mana beberapa tahun kemudian teroris Republik Maluku Selatan (RMS) merebut sebuah sekolah dasar. Para penyerang menyembunyikan senjata mereka dengan menyamar sebagai hadiah untuk liburan Sinterklaas pada 5 Desember.

Konteks[sunting | sunting sumber]

Orang Maluku Selatan datang ke Belanda untuk tinggal sementara, dijanjikan oleh pemerintah Belanda bahwa mereka akan mendapatkan negara merdeka sendiri, Republik Maluku Selatan (RMS). Selama kira-kira 25 tahun mereka tinggal di kamp-kamp sementara, seringkali dalam kondisi yang memprihatinkan. Setelah bertahun-tahun generasi muda merasa dikhianati oleh pemerintah Belanda karena tidak memberikan negara merdeka dan mereka memulai tindakan radikal untuk menarik perhatian pada kasus mereka.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Penghalang jalan militer di Wijster

Sekitar pukul 07:10 tali darurat ditarik ke kereta lokal Groningen-Zwolle. Sang masinis, Hans Braam, segera dibunuh. Ketika pada hari ketiga pemerintah Belanda tidak memberikan apa yang diinginkan para pembajak, seorang prajurit nasional berusia 22 tahun Leo Bulter dibunuh dan kedua jenazah dilempar keluar dari kereta di atas rel. Malam itu 14 sandera berhasil kabur dari kereta.

Keesokan harinya, ekonom muda Bert Bierling dibawa ke pintu dan ditembak mati di hadapan polisi dan militer serta pers. Mayat yang terlempar dari kereta hanya diizinkan untuk dibawa pergi beberapa hari kemudian.

Pada 14 Desember, para pembajak menyerah. Di antara alasan penyerahan diri adalah laporan tentang pembalasan di kepulauan Maluku dan suhu di bawah nol derajat di dalam dan sekitar kereta.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Para pembajak itu divonis hukuman 14 tahun. Anggota paling fanatik dari para pembajak, Eli Hahury, bunuh diri di penjara pada tahun 1978.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008 sebuah film televisi berbahasa Belanda berjudul Wijster dibuat tentang krisis sandera ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]