Kremah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kremah
Alternanthera.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Amaranthaceae
Upafamili: Gomphrenoideae
Genus: Alternanthera
Spesies: A. sessilis
Nama binomial
Alternanthera sessilis
(L.) R.Br. ex DC.
Sinonim

Referensi:[1][2]

  • Altenanthera nodiflora R. Br.

Kremah (Altenanthera sessilis) adalah tumbuhan obat Indonesia. Kremah masih berkerabat dengan bayam merah (Altenanthera amoena Voss.)[3] yang berasal dari Amerika.

Kremah memiliki banyak sebutan di Sumatera dan Jawa. Di Sumatera dikenal dengan sebutan juruk demah (Lampung), omak (Batak), daun keremak, d. rusa, dan sayor udang (Melayu). Di Jawa, dikenal dengan nama bayem kremah, kremek, kremo, matean, keremi (Jawa), tolot sayah, dan tolot (Sunda).[4][1][5][2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kremah merupakan herba/semak berbatang banyak, yang tingginya mencapai 1 m.[2] Kremah dapat pula tumbuh secara merambat atau mengapung. Akarnya putih-kecoklatan, dan berjenis tunggang. Panjang batangnya mencapai ± 30 cm. Bentuk batangnya bulat, masif, beruas-ruas, dengan warna hijau-kekuningan. Daunnya majemuk, saling berhadapan, ujung dan pangkal runcing, berwarna hijau dan memiliki panjang antara 1-15 cm, lebar 5 cm, yang juga berbulu halus. Pertulangan daun berbentuk menyirip. Bunganya majemuk, kcil, berbentuk bulir, terletak di ketiak daun daun ujung batang, bertangkai silidris, berwarna putih/keunguan dengan masa berbunga sepanjang tahun. Buahnya bulat dan hitam.[5][1]

Kremah mirip dan berkerabat dengan bayam merah yang dipergunakan sebagai tanaman obat dan tanaman hias.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Altenanthera sessilis R.Br.". Departemen Kesehatan. 19 November 2001. Diakses 18 Juni 2013. 
  2. ^ a b c d Dharma, AP (1985). Indonesian Medicinal Plants [Tumbuhan Obat Indonesia]. hal.29 – 30. Jakarta:Balai Pustaka. ISBN 979-407-032-7.
  3. ^ "Bayam Merah Alternanthera amoena Voss.". Plantamor. Diakses 18 Juni 2013. 
  4. ^ "Kremah Altenanthera sessilis (L.) R.Br. ex DC.". Plantamor. Diakses 18 Juni 2013. 
  5. ^ a b Sastrapradja, Setijati; Lubis, Siti Harti Aminah; Djajasukma, Eddy; Soetarno, Hadi; Lubis, Ischak (1981). Proyek Penelitian Potensi Sumber Daya Ekonomi:Sayur-Sayuran. Jakarta: LBN - LIPI bekerja sama dengan Balai Pustaka. 6:62 – 63. OCLC 66307472.