Krakus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Krak", etsa oleh Walery Eljasz-Radzikowski (1841-1905)

Krakus, Krak atau Grakch merupakan pangeran legendaris Polandia dan pendiri Kraków, pemimpin suku Lechite (Polandia). Krakus juga berjasa dengan membangun Kastil Wawel. Yang pertama dicatat menyebutkan Krakus, kemudian dibaca Grakch, di dalam Chronica seu originale regum et principum Poloniae dari tahun 1190. Ia juga konon mengalahkan para pasukan Kekaisaran Romawi, yang menyerang dari selatan.

Sejarawan J. Banaszkiewicz mengatribusi nama Krak ke kata pra-Slavia "krakula", yang berarti dewan pemimpin. Akar kata yang sama dipercaya digunakan di dalam konvensi penamaan bahasa Ceko dan Rusia.

Namun sejarawan Cetwiński dan Derwich menyatakan etimologi yang berbeda, yang tampaknya lebih mungkin untuk beberapa, dengan Krak, yang berarti ek, sebatang pohon yang suci, kerap diasosiasikan dengan konsep silsilah.

Gundukan Krakus, yang masih ada sampai sekarang, sebelumnya dipercaya memiliki peninggalan Krakus. Ini telah menjadi subyek menyeluruh penelitian arkelologi dari tahun 1934-38, akan tetapi, tidak ada makam yang ditemukan disana. Gundukan itu memiliki sebuah diameter lebih dari 50 meter. Menurut penelitian, gundukan itu didirikan di antara abad ke-8 dan ke-10 sebagai elemen pusat situs makam kuno, yang tidak ada.

Gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Puteri Wanda, putri legendaris Krak

Pranala luar[sunting | sunting sumber]