Kōhaku Uta Gassen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kouhaku Uta Gassen)

Kōhaku Uta Gassen
Negara asalJepang Jepang
Produksi
Durasidi atas 4 jam
Rilis asli
JaringanNHK
Rilis1951 –
sekarang

NHK Kōhaku Uta Gassen (紅白歌合戦, Pertempuran Lagu Merah Putih),atau populer dengan singkatan Kōhaku (紅白) adalah acara musik malam tahun baru yang diproduksi NHK Jepang. Acara ini dilangsungkan setahun sekali pada malam 31 Desember, dan disiarkan secara langsung melalui televisi dan radio di Jepang, serta jaringan internasional NHK dan televisi kabel. Acara ini pertama kali diadakan tahun 1951, dan berlokasi di Aula NHK, Tokyo sejak tahun 1973.

Artis musik yang tampil dibagi menjadi dua tim berdasarkan jenis kelamin: tim merah (akagumi) dan tim putih (shirogumi). Anggota tim merah adalah penyanyi wanita atau grup musik dengan vokalis wanita, sedangkan anggota tim putih terdiri dari penyanyi pria atau grup musik dengan vokalis pria. Duo campuran pria dan wanita biasanya dimasukkan ke dalam tim merah, sedangkan penyanyi waria biasanya dimasukkan ke dalam tim putih.

Penyanyi wanita yang ditampilkan paling akhir oleh tim merah disebut tori. Sebaliknya, penyanyi pria yang ditampilkan sebagai bintang di akhir acara disebut ō-tori. Dewan juri yang terdiri dari selebritas dan penonton di studio memilih tim yang mereka anggap paling bagus. Pemungutan suara juga bisa diikuti pemirsa televisi digital, melalui telepon genggam, dan televisi 1seg. Tim yang menang berhak menyimpan panji-panji kemenangan hingga tahun berikutnya. Acara berakhir pukul 23.45 (sejak tahun 1962) untuk digantikan siaran langsung pemukulan genta dari kuil-kuil Buddha hingga pergantian tahun.

Media dan jam tayang[sunting | sunting sumber]

Luar negeri[sunting | sunting sumber]

Siaran langsung, 31 Desember (19.20-23:45 JST)
Siaran ulang, 1 Januari (07.15-11.45 JST)
Asia Tenggara, 31 Desember (19.20-23.45 11815kHz)
Daratan Asia, 31 Desember (19.20-23.45 9750kHz)[1]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa awal hingga tahun 1960-an[sunting | sunting sumber]

Acara ini bermula dari acara radio NHK bernama Kōhaku Ongaku Shiai (紅白音楽試合, Pertandingan Musik Merah Putih) yang disiarkan malam tahun baru 1945. Pencetus ide acara adalah pengarah acara NHK bernama Tsumoru Kondo. Pembagian tim merah dan tim putih mengambil model dari pertandingan kendo. Pada awalnya, acara ini ingin dinamakan "Kōhaku Uta Gassen" (Pertempuran Lagu Merah Putih). Namun kata "gassen" (pertempuran) diganti menjadi "shiai" (pertandingan) karena Jepang waktu itu sedang berada di bawah pendudukan Komandan Tertinggi Pasukan Sekutu (SCAP). Sebagai lomba "musik" di radio, acara juga menampilkan pemusik instrumental yang memainkan silofon, mandolin, dan shakuhachi. Acara direncanakan untuk mengudara sekali saja, namun ternyata mendapat sambutan yang baik dari pendengar.

Pada tahun 1951, acara dihidupkan kembali dengan nama "Kōhaku Uta Gassen" seperti yang memang diinginkan sejak semula. Ichiro Fujiyama dari tim putih dengan lagu Nagasaki no Kane menjadi bintang penutup (ō-tori) yang pertama. Penyelenggaraan yang pertama dan kedua hanya disiarkan di radio, tapi sejak penyelenggaraan ke-3 tahun 1953, acara Kōhaku Uta Gassen mulai ditayangkan televisi NHK dalam bentuk siaran percobaan. Sampai penyelenggaraan yang ketiga, Kōhaku Uta Gassen mengudara sebagai acara hari tahun baru. Namun sejak penyelenggaraan ke-4, acara ini dijadikan sebagai acara malam tahun baru, dan mulai menerima kedatangan penonton di studio.

Acara dilangsungkan di gedung lama NHK (Gedung Pertemuan NHK), Tokyo hingga penyelenggaraan yang ketiga. Sejak penyelenggaraan ke-4, setiap tahunnya acara diadakan di lokasi yang berpindah-pindah, antara lain Teater Takarazuka Tokyo, gedung Nihon Gekijō, Aula Publik Hibiya Tokyo Metropolitan, Aula Sankei, dan Teater Koma Shinjuku. Baru sejak penyelenggaraan ke-24 (1973), acara dilangsungkan di Aula NHK, distrik Shibuya, Tokyo.

Kelompok penyanyi dari masa Perang Dunia II dan masa sebelum perang banyak meramaikan acara hingga sekitar tahun 1958. Sejak penyelenggaraan ke-9 (1958), Ichiro Fujiyama sebagai satu-satunya penyanyi yang tersisa dari zaman sebelum perang menyatakan tidak ingin tampil lagi sebagai penyanyi tetapi sebagai konduktor orkestra. Sejak itu pula, satu demi satu penyanyi generasi zaman perang menghilang dari acara. Sebagai penggantinya sejak tahun 1959 muncul generasi baru seperti duo penyanyi wanita The Peanuts. Sejak tahun 1962, tiga orang penyanyi yang dulunya selalu tampil dalam Kōhaku (Noriko Awaya, Isao Hayashi, dan Hisao Itoh) sudah tidak diundang lagi.

Perusahaan Video Reseach melakukan penghitungan rating pemirsa sejak tahun 1962. Acara ini pada tahun 1963 menarik perhatian sekitar 81,4% pemirsa televisi. Angka tersebut menjadikan Kōhaku sebagai acara televisi dengan rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Jepang.

Dari tahun 1963 hingga 1972, kehormatan sebagai bintang penutup (tori) diberikan kepada Hibari Misora. Setelah adik kandungnya ditahan, Hibari tidak diundang lagi untuk tampil sejak tahun 1973, dan baru kembali dalam acara tahun 1979. Pada waktu itu, bersama-sama dengan Ichiro Fujiwara, Hibari diundang sebagai bintang spesial peringatan ke-30 Kōhaku Uta Gassen yang sekaligus menjadi penampilan terakhirnya dalam acara ini.

Pada tahun 1960-an, ketika band berirama group sounds sedang populer, pemain band berambut panjang dilarang muncul dalam acara ini. Pada tahun 1967, band The Tigers yang memiliki personel berambut gondrong dilarang tampil. Band yang boleh muncul hanya Jackey Yoshikawa and his Blue Comets yang anggotanya berambut pendek. Reuni The Tigers baru muncul untuk pertama kali dalam Kōhaku tahun 1989.

Hingga tahun 1964, acara Kōhaku belum bisa dinikmati pemirsa televisi di Okinawa. Acara ini baru ditayangkan di Okinawa sejak tahun 1965 setelah tersambungnya jaringan kabel dari Pulau Honshu.

Tahun 1970-an hingga 1990-an[sunting | sunting sumber]

Memasuki dekade 1970-an, aliran musik yang ditampilkan menjadi banyak berubah sejalan dengan kepopuleran penyanyi idol. Era 1970-an merupakan puncak kepopuleran tiga gadis penyanyi idol yang mendapat julukan Shin San-nin Musume (Rumiko Koyanagi, Saori Minami, Mari Amachi). Selain itu di Jepang juga sedang populer tiga pria penyanyi idol dengan julukan Shin Gosanke (Hiromi Go, Hideki Saijō, Gorō Noguchi), dan tiga dara kelas 3 SMP dengan julukan Hana no Chūsan Trio (Momoe Yamaguchi, Junko Sakurada, dan Masako Mori). Acara juga mulai menampilkan grup musik rock, folk, dan new music yang mengundang keluhan dari pemirsa berusia lanjut.

Seperti halnya lembaga penyiaran publik yang lain, NHK menghindari penyebutan merek dagang dalam acara-acaranya. Pada tahun 1973, grup folk Kaguyahime akhirnya tidak jadi tampil setelah diminta mengganti lirik lagu "Kandagawa" yang menyebut merek krayon "Cray-pas" produksi Sakura Color Products. Pada tahun 1978, Momoe Yamaguchi yang membawakan lagu "Playback Part 2" diminta mengganti kata "Porsche" menjadi "kuruma" (mobil). Di atas panggung Kōhaku ternyata Momoe bernyanyi seperti apa adanya.

Sejak tahun 1970-an hingga pertengahan 1980-an, angka rating pemirsa untuk Kōhaku selalu tinggi. Ketika Harumi Miyako menggunakan acara ini sebagai penampilan terakhir sebelum mengundurkan diri, rating melonjak hingga 78,1%, dan sekaligus menyamai angka rating tahun 1960-an.

Pada tahun 1980-an, busana panggung yang dipakai Sachiko Kobayashi selalu menjadi topik pembicaraan di kalangan pemirsa segera ingin melihat model busana yang dikenakannya. Sejak pertengahan dekade 1980-an, busana yang dikenakan Kobayashi semakin mewah dan mencolok. Sewaktu membawakan lagu "Meoto Shigure" pada tahun 1985, busana yang dikenakannya adalah kimono 12 lapis yang disebut Jūnihitoe. Busana ala Cleopatra dikenakan pada acara tahun 1986, ia "terbang" bagaikan burung pada tahun 1991. Sejak tahun 1990-an, penyanyi Kenichi Mikawa mulai mengikuti jejak Sachiko Kobayashi. Persaingan kemegahan busana di antara keduanya merupakan salah satu atraksi yang ditunggu pemirsa.

Sepanjang tahun 1990-an, acara diramaikan penyanyi dan grup musik orbitan Tetsuya Komuro, mulai dari TRF, Amuro Namie, Kahala Tomomi, hingga globe. Sejak pertengahan tahun 1990-an, grup musik visual kei juga mulai tampil, misalnya X Japan, Luna Sea, Glay, dan L'Arc~en~Ciel.

Tahun 2000 hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Memasuki abad ke-21, tidak sedikit penyanyi dan grup J-pop yang sedang di puncak kepopuleran menolak tampil dengan berbagai alasan. Porsi penyanyi enka dalam acara juga dikurangi hingga hampir di bawah separuhnya. Stasiun televisi swasta memanfaatkan penyanyi enka yang tidak dipakai NHK dengan membuat acara saingan pada jam tayang yang sama. Akibatnya, rating pemirsa semakin menurun karena beralihnya penggemar enka ke televisi swasta.

Artis musik yang ingin tampil dan menganggap tampil dalam Kōhaku sebagai kehormatan tersendiri juga tidak pernah berkurang. Morning Musume dan anggota Hello! Project, Ayumi Hamasaki, Ai Otsuka, Kumi Koda, aiko, Kishidan, Orange Range, dan Mika Nakashima adalah sebagian dari artis langganan Kōhaku. Dalam sejarah 25 tahun acara ini, SMAP adalah grup musik pertama yang mendapat kehormatan sebagai bintang penutup (ō-tori) pada tahun 2003. Sebelumnya kesempatan menjadi bintang penutup selalu diberikan kepada penyanyi solo. Setelah memutuskan tidak muncul pada tahun sebelumnya, SMAP pada tahun 2005 tampil untuk kedua kalinya sebagai bintang penutup.

Hasil[sunting | sunting sumber]

# Tanggal Pembawa acara tim merah Pembawa acara tim putih Pembawa acara netral Tim
Pemenang
1 3 Januari 1951 Michiko Katō Shuuichi Fujikura Masaharu Tanabe Putih
2 3 Januari 1952 Kiyoko Tange Shuuichi Fujikura Masaharu Tanabe Putih
3 2 Januari 1953 Juka Honda Teru Miyata Masayori Shimura Putih
4 31 Desember 1953 Takiko Mizunoe Keizo Takahashi Seigoro Kitade Merah
5 31 Desember 1954 Natsue Fukuji Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Merah
6 31 Desember 1955 Teru Miyata Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Merah
7 31 Desember 1956 Teru Miyata Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Putih
8 31 Desember 1957 Takiko Mizunoe Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Merah
9 31 Desember 1958 Tetsuko Kuroyanagi Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Merah
10 31 Desember 1959 Meiko Nakamura Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Merah
11 31 Desember 1960 Meiko Nakamura Keizo Takahashi Shouzaburō Ishii Putih
12 31 Desember 1961 Meiko Nakamura Keizo Takahashi Toshiaki Hosaka Putih
13 31 Desember 1962 Mitsuko Mori Teru Miyata Shouzaburō Ishii Putih
14 31 Desember 1963 Eri Chiemi Teru Miyata Shouzaburō Ishii Merah
15 31 Desember 1964 Eri Chiemi Teru Miyata Shouzaburō Ishii Putih
16 31 Desember 1965 Michiko Hayashi Teru Miyata Shouzaburō Ishii Putih
17 31 Desember 1966 Peggy Hayama Teru Miyata Shouzaburō Ishii Merah
18 31 Desember 1967 Yumiko Kokonoe Teru Miyata Shouzaburō Ishii Merah
19 31 Desember 1968 Kiyoko Suizenji Kyu Sakamoto Teru Miyata Putih
20 31 Desember 1969 Yukari Ito Kyu Sakamoto Teru Miyata Merah
21 31 Desember 1970 Hibari Misora Teru Miyata Shizuo Yamakawa Merah
22 31 Desember 1971 Kiyoko Suizenji Teru Miyata Shizuo Yamakawa Putih
23 31 Desember 1972 Naomi Sagara Teru Miyata Shizuo Yamakawa Merah
24 31 Desember 1973 Kiyoko Suizenji Teru Miyata Shizuo Yamakawa Merah
25 31 Desember 1974 Naomi Sagara Shizuo Yamakawa Masao Domon & Youzou Nakae Merah
26 31 Desember 1975 Naomi Sagara Shizuo Yamakawa Hiroshi Aikawa Putih
27 31 Desember 1976 Naomi Sagara Shizuo Yamakawa Hiroshi Aikawa Merah
28 31 Desember 1977 Naomi Sagara Shizuo Yamakawa Hiroshi Aikawa Putih
29 31 Desember 1978 Mitsuko Mori Shizuo Yamakawa Hiroshi Aikawa Putih
30 31 Desember 1979 Kiyoko Suizenji Shizuo Yamakawa Youzou Nakae Merah
31 31 Desember 1980 Tetsuko Kuroyanagi Shizuo Yamakawa Youzou Nakae Merah
32 31 Desember 1981 Tetsuko Kuroyanagi Shizuo Yamakawa Keiichi Ubukata Putih
33 31 Desember 1982 Tetsuko Kuroyanagi Shizuo Yamakawa Keiichi Ubukata Merah
34 31 Desember 1983 Tetsuko Kuroyanagi Kenji Suzuki Tamori Putih
35 31 Desember 1984 Mitsuko Mori Kenji Suzuki Keiichi Ubukata Merah
36 31 Desember 1985 Masako Mori Kenji Suzuki Masaho Senda Merah
37 31 Desember 1986 Yuki Saitō & Yoriko Mekata Yuuzou Kayama & Masaho Senda Seiichi Yoshikawa Putih
38 31 Desember 1987 Akiko Wada Yuuzou Kayama Seiichi Yoshikawa Merah
39 31 Desember 1988 Akiko Wada Yuuzou Kayama Keiko Sugiura Putih
40 31 Desember 1989 Yoshiko Mita Tetsuya Takeda Sadatomo Matsudaira Merah
41 31 Desember 1990 Yoshiko Mita Toshiyuki Nishida Sadatomo Matsudaira Putih
42 31 Desember 1991 Yuuko Ayano Masaaki Sakai Shizuo Yamakawa Merah
43 31 Desember 1992 Hikari Ishida Masaaki Sakai Shizuo Yamakawa Putih
44 31 Desember 1993 Hikari Ishida Masaaki Sakai Miyuki Morita Putih
45 31 Desember 1994 Emiko Kaminuma Ichiro Furutachi Yasuo Miyakawa Merah
46 31 Desember 1995 Emiko Kaminuma Ichiro Furutachi Ryuuji Miyamoto & Mitsuyo Kusano Putih
47 31 Desember 1996 Takako Matsu Ichiro Furutachi Ryuuji Miyamoto & Mitsuyo Kusano Putih
48 31 Desember 1997 Akiko Wada Masahiro Nakai Ryuuji Miyamoto Putih
49 31 Desember 1998 Junko Kubo Masahiro Nakai Ryuuji Miyamoto Merah
50 31 Desember 1999 Junko Kubo Nakamura Kankurō V Ryuuji Miyamoto Putih
51 31 Desember 2000 Junko Kubo Motoya Izumi Ryuuji Miyamoto Merah
52 31 Desember 2001 Yumiko Udō Wataru Abe Tamio Miyake Putih
53 31 Desember 2002 Yumiko Udō Wataru Abe Tamio Miyake Merah
54 31 Desember 2003 Yumiko Udō & Takako Zenba Wataru Abe & Tetsuya Takayama Touko Takeuchi Putih
55 31 Desember 2004 Fumie Ono Wataru Abe Masaaki Horio Merah
56 31 Desember 2005 Mino Monta, Motoyo Yamane, Yukie Nakama, dan Koji Yamamoto* Putih
57 31 Desember 2006 Yukie Nakama Masahiro Nakai Tamio Miyake & Megumi Kurosaki Putih
58 31 Desember 2007 Masahiro Nakai Tsurube Shōfukutei Kazuya Matsumoto & Miki Sumiyoshi Putih
59 31 Desember 2008 Yukie Nakama Masahiro Nakai Kazuya Matsumoto Putih
60 31 Desember 2009 Yukie Nakama Masahiro Nakai Wataru Abe Putih
61 31 Desember 2010 Nao Matsushita Arashi Wataru Abe Putih
62 31 Desember 2011 Mao Inoue Arashi Wataru Abe Merah
63 31 Desember 2012 Maki Horikita Arashi Yumiko Udō Putih
64 31 Desember 2013 Haruka Ayase Arashi Yumiko Udō Putih

Bintang penutup[sunting | sunting sumber]

Angka di dalam kurung menunjukkan jumlah penampilan dalam Kōhaku Uta Gassen.

# Tahun Bintang tim merah Bintang tim putih
1 1951 Hamako Watanabe (1) "San Francisco no Chinatown" Ichiro Fujiyama (1) "Nagasaki no Kane"
2 1952 Hamako Watanabe (2) "Hi no Tori" Ichiro Fujiyama (2) Olympic no Uta
3 1953
Januari
Shizuko Kasagi(2) "Homerun Boogie" Katsuhiko Haida (2) "Yakyūkozō no Uta"
4 1953
Desember
Noriko Awaya (1) "Adieu" Ichiro Fujiyama(4) "Oka wa Hanazakari"
5 1954 Hamako Watanabe (4) "Tokyo no Bara" Noboru Kirishima (3) "Ishikari Elegy"
6 1955 Akiko Futaba (6) "Bara no Rumba" Ichiro Fujiyama (6) "Nicolai no Kane"
7 1956 Shizuko Kasagi (4) "Hey Hey Boogie" Katsuhiko Haida (4) "Hakugin no Yamagoya de"
8 1957 Hibari Misora (2) "Nagasaki no Chōchō-san" Michiya Mihashi (2) "Ringo Hana Saku Furusato e"
9 1958 Hibari Misora (3) "Shiroi Lunch de 14 knot" Michiya Mihashi (3) "Akai Yūhi no Furusato"
10 1959 Hibari Misora (4) "Gozonji Bentenkozō" Hachirō Kasuga (5) "Tokyo no Ari"
11 1960 Chiyoko Shimakura (4) "Takoku no Ame" Michiya Mihashi (5) "Tassha de na"
12 1961 Chiyoko Shimakura (5) "Erimomisaki" Haruo Minami (4) "Bunza Takarabune"
13 1962 Chiyoko Shimakura (6) "Sayonara to Sayonara" Michiya Mihashi (7) "Hoshikuzu no Machi"
14 1963 Hibari Misora (8) "Aishū Debune" Haruo Minami (6) "Sado no Koiuta"
15 1964 Hibari Misora (9) "Yawara" Haruo Minami (7) "Tawaraboshi Genba"
16 1965 Hibari Misora (10) "Yawara" Yukio Hashi(6) "Ano Musume to Boku
(Swim, Swim, Swim)
17 1966 Hibari Misora (11) "Kanashii Sake" Haruo Minami (8) Kinokuniya Bunzaemon"
18 1967 Hibari Misora (12) "Geidō Ichidai" Haruo Minami (9) Akagaki Genzō
19 1968 Hibari Misora (13) "Inori" Yukio Hashi (9) "Akai Yūhi no Sandogasa
20 1969 Hibari Misora (14) "Wakaretemo Arigatou" Shinichi Mori (2) "Minatomachi Blues"
21 1970 Hibari Misora (15) "Jinsei Shōgi" Shinichi Mori (3) "Ginza no Onna"
22 1971 Hibari Misora (16) "Kono Michi o Yuku" Shinichi Mori (4) "Ofukuro-san"
23 1972 Hibari Misora (17) "Aru Onna no Shi" Saburō Kitajima (109 "Fuyu no Yado"
24 1973 Chiyoko Shimakura (17) "Karatachi Nikki" Saburō Kitajima (11) "Kaeru kana"
25 1974 Chiyoko Shimakura (18) "Erimomisaki" Shinichi Mori (7) "Erimomisaki"
26 1975 Chiyoko Shimakura (19) "Kanashimi no Yado" Hiroshi Itsuki (5) "Chikumagawa"
27 1976 Harumi Miyako (12) "Kita no Yado kara" Hiroshi Itsuki (6) "Ai no Shihatsu"
28 1977 Aki Yashiro (5) "Onna Minatomachi" Hiroshi Itsuki (7) "Akari ga Hoshii"
29 1978 Momoe Yamaguchi (5) Playback Part 2 Kenji Sawada (6) "Love Dakishimetai"
30 1979 Aki Yashiro (7) "Funa Uta" Hiroshi Itsuki (9) "Omae to Futari"
31 1980 Aki Yashiro (8) "Ame no Bojō" Hiroshi Itsuki (10) "Futari no Yoake"
32 1981 Masako Mori (9) "Kanashimi Honsen Nihonkai" Saburō Kitajima (19) "Fūsetsu Nagare Tabi"
33 1982 Harumi Miyako (18) "Namida no Renrakusen" Mori Shinichi (15) "Kage o Shitaite"
34 1983 Kiyoko Suizenji (19) "Asakusa Monogatari" Takashi Hosokawa (9) "Yagiri no Watashi"
35 1984 Harumi Miyako (20) "Meotozaka" Mori Shinichi (17) "Kita no Hotaru"
36 1985 Masako Mori (13) "Ai Kizu Uta" Mori Shinichi (18) "Onna moyō"
37 1986 Sayuri Ishikawa (9) "Amagigoe" Mori Shinichi (19) "Yūsuge no Koi"
38 1987 Akiko Wada (11) "Hōyō" Hiroshi Itsuki (17) "Tsuioku"
39 1988 Sachiko Kobayashi (10) "Yuki Tsubaki" Saburō Kitajima (25) "Nenrin"
40 1989 Sayuri Ishikawa (12) "Kaze no Bon Koi Uta" Saburō Kitajima (26) "Yogisha"
41 1990 Harumi Miyako (22) "Sennen no Koto" Shinichi Mori (23) "Ofukuro-san"
42 1991 Akiko Wada (15) "Ano Kane o Narasu no wa Anata" Shinji Tanimura (5) "Subaru"
43 1992 Saori Yuki (13) "Aka Tombo"-"Dokoka e Kaerō" Saburō Kitajima (29) Kaero kana
44 1993 Sayuri Ishikawa (16) "Tsugaru Kaikyō - Fuyugeshiki" Saburō Kitajima (30) "Matsuri"
45 1994 Harumi Miyako (26) "Koto Shōgū" Itsuki Hiroshi (24) "Kibue"
46 1995 Akiko Wada (19) "Mō Ichido Futari de Utaitai" Takashi Hosokawa (21) "Bōkyō Jongara"
47 1996 Fuyumi Sakamoto (9) "Yozakura Oshichi" Saburō Kitajima (33) "Fūsetsu Nagare Tabi"
48 1997 Namie Amuro (3) "Can You Celebrate?" Itsuki Hiroshi (27) "Chikumagawa"                
49 1998 Akiko Wada (22) "Ima Anata ni Utaitai" Hiroshi Itsuki (28) "Sake Hitori"
50 1999 Akiko Wada (23) Ano Kane o Narasu no wa Anata Saburō Kitajima (36) Matsuri
51 2000 Yoshimi Tendō (5) "Dotombori Jinjō" Hiroshi Itsuki (30) Sanga
52 2001 Akiko Wada (25) "Yume" Saburō Kitajima (38) "Yama"
53 2002 Sayuri Ishikawa (25) Amagigoe Hiroshi Itsuki (32) "Ofukuro no Komori Uta"
54 2003 Yoshimi Tendō (8) "Utsukushii Mukashi" SMAP(12) "Sekai ni Hitotsu dake no Hana"
55 2004 Sachiko Kobayashi (26) Fuyu Tsubaki Hiroshi Itsuki (34) "Yuki Moete"
56 2005 Yoshimi Tendō (10) "Kawa no Nagare no Yōni" SMAP (13) "Triangle"
57 2006 Miyuki Kawanaka (19) "Futarizake" Saburō Kitajima (43) "Matsuri"
58 2007 Sayuri Ishikawa (30) "Tsugaru Kaikyō/Fuyugeshiki" Hiroshi Itsuki (37) "Chigiri"
59 2008 Akiko Wada (32) "Yume" Kiyoshi Hikawa (9) "Kiyoshi no Zundoko Bushi"
60 2009 Dreams Come True (13) "Middle of Nowhere", "Sono Saki e Saburō Kitajima (46) Matsuri
61 2010 Dreams Come True (14) "Ikiteyukunodesu" SMAP (18) "This is love", "Triangle"
62 2011 Sayuri Ishikawa (34) "Tsugaru Kaikyō/Fuyugeshiki" SMAP (19) "SMAP AID Kōhaku SP"
63 2012 Ikimono-gakari (5) "Kaze ga Fuiteiru" SMAP (20) "SMAP 2012' Special"

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • NHK weekly stellar rinji zōkan "Kōhaku 50-kai - eikō to kandō no zenkiroku -". NHK Service Center, 2000.
  • Gōda Michito. Kaibutsu bangumi kōhaku uta gassen no shinjitsu. Tokyo: Gentosha, 2004. ISBN 4-344-00702-6

第52回NHK紅白歌合戦

2001年(平成13年)

第53回NHK紅白歌合戦

2002年(平成14年)

第54回NHK紅白歌合戦

2003年(平成15年)

第55回NHK紅白歌合戦

2004年(平成16年)

第56回NHK紅白歌合戦

2005年(平成17年)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]