Kota Baru, Bekasi Barat, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Baru
—  Kelurahan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kota Bekasi
Kecamatan Bekasi Barat
Pemerintahan
 • Lurah Sukamto, S.Pd
Kodepos 17133
Luas 161.100 ha
Penduduk 50.448 jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Kota Baru adalah kelurahan yang berada di kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Kelurahan ini terdiri atas 179 rukun tetangga dan 22 rukun warga. Kantor kelurahan ini berada di Jalan Duku Raya No. 1, RT 09, RW 04, dengan kode pos 17133.

Kelurahan ini berbatasan dengan :

Utara Kelurahan Medan Satria
Selatan Kelurahan Kranji
Barat Kelurahan Pulogebang
Timur Kelurahan Kali Baru

Sejarah kelurahan Kota Baru[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Kotabaru merupakan pemekaran dari Kelurahan Kali Baru yang pada saat itu masih bergabung dengan kecamatan Bekasi Barat (pada saat itu Kecamatan Medan Satria belum dibentuk). Setelah pemekaran Kecamatan Bekasi Barat, maka Kp. Rawa Pasung sebelah barat dan Kp. Rawa Bebek menjadi Kelurahan Kotabaru yang berada di kecamatan Bekasi Barat, sedangkan Kelurahan Kalibaru yang terdiri dari Kp. Rawa Pasung sebelah timur dan Kp. Rawa Bambu tetap bernama Kalibaru, tetapi berada di kecamatan Medan Satria, Daerah Tingkat II Kotamadya Bekasi. Kelurahan Kotabaru berdiri sejak tahun 1992-an, yang sebelumnya kantor Kelurahan Kotabaru berada di jalan Kalibaru Barat tepat di wilayah RW 15 saat ini.

Informasi tentang kelurahan Kota Baru[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Kotabaru merupakan bagian dari 5 Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Wilayah kelurahan ini memiliki luas sekitar 161.100 ha dengan kondisi geografis berada di ketinggian 30 meter dari permukaan laut. Kelurahan ini memiliki kepadatan penduduk mencapai 50.448 jiwa, hal ini menunjukkan betapa pesatnya perkembangan di segala bidang. Kelurahan Kotabaru kini beralamat di Jalan Duku Raya No.1, RT 009, RW 004, dengan kode pos 17133, yang mulai aktif digunakan sejak tahun 1994an yang menggunakan Gedung Milik Dinas Sosial Pemerintah Kota Bekasi dengan fasilitas yang cukup memadai ditambah lagi dengan halaman yang cukup luas. Terdapat beberapa lahan kosong yang dapat digunakan sebagai daerah resapan air.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Wilayah kelurahan Kotabaru terdiri dari permukiman penduduk perumahan dan permukiman penduduk perkampungan, perumahan yang berada di wilayah Kotabaru ini dikembangkan oleh PT Metropolitan Development, dengan memberi tiga nama Perumahan yakni Perumahan Harapan Baru I, II, dan Perumahan Harapan Baru Regency, wilayah permukiman perkampungan terdiri dari dua nama yakni Perkampungan dengan nama Kampung Rawa Pasung dan Kampung Rawa Bebek. Sarana dan prasarana yang ada di wilayah Kelurahan Kotabaru cukup melengkapi kebutuhan keseharian masyarakat Kotabaru yang terdiri dari fasilitas Pendidikan yang dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar Negeri dan Swasta, Madrasah Ibtidaiyah, SMP Negeri dan Swasta, Madrasah Tsanawiyah, SMA/SMK Swasta, sarana ibadah dengan masjid, musholla, dan gereja, sarana olahraga (Gedung Olahraga), dan terdapat beberapa perusahaan yang berada di wilayah kelurahan ini.