Kosmos 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kosmos 1 (Rusia: Космос 1 berarti Cosmos 1), juga dikenal sebagai DS-2 No.1 dan kadang-kadang di Barat sebagai Sputnik 11 adalah demonstrasi teknologi dan satelit penelitian ionosfir diluncurkan oleh Uni Soviet pada tahun 1962. Itu adalah satelit pertama yang akan ditunjuk di bawah sistem Kosmos, dan pesawat ruang angkasa pertama kali diluncurkan sebagai bagian dari program Dnepropetrovsk Sputnik yang berhasil mencapai orbit. Misi utamanya adalah untuk mengukur kinerja operator roket, dan untuk melakukan penelitian ke ionosfer.

Ini diluncurkan pada Kosmos-2I 63S1 s / n 6LK. Ini adalah penerbangan ketiga Kosmos-2I, dan pertama yang berhasil mencapai orbit. Itu juga yang roket Kosmos pertama dari jenis apa pun untuk berhasil menempatkan satelit ke orbit. Peluncuran dilakukan dari pad 2 dari Launch Complex Mayak di Kapustin Yar, dan terjadi pada 11:59 UTC pada 16 Maret 1962. Kosmos 1 ditempatkan ke dalam orbit Bumi rendah dengan perigee dari 207 kilometer (129 mil), sebuah apogee dari 649 kilometer (403 mil), 49 derajat kemiringan, dan periode orbit 93,1 menit. Hal meluruh decay pada 25 Mei.

Kosmos 1 adalah satelit DS-2, yang pertama dari dua yang akan diluncurkan. kedua diluncurkan pada tanggal 1 Desember 1964, tetapi tidak mencapai orbit setelah fairing payload roket yang membawa gagal untuk memisahkan. DS-2 skala bawah versi sebelumnya DS-1 satelit, kurang memiliki sistem avionik, yang dibangun setelah dua DS-1 pertama pesawat ruang angkasa gagal mencapai orbit.

Referensi[sunting | sunting sumber]