Korra (The Legend of Korra)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tokoh dalam serial Avatar: The Legend of Aang
Korra The Legend of Korra.jpg
Korra
Kebangsaan Suku Air Selatan
Nama lain Avatar Korra
Jenis kelamin Wanita
Warna rambut Coklat
Warna mata Biru
Umur 17
Posisi Protagonis
Kemunculan pertama "Welcome to Republic City"
Pengisi suara Janet Varney

Korra adalah Tokoh Fiksi dalam serial animasi The Legend of Korra yang ditayangkan oleh Nickelodeon. Karakter ini diciptakan oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko yang disuarakan oleh Janet Varney.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

70 Tahun pasca perang di serial Avatar sebelumnya (The Last Air Bender), lahirlah seorang inkarnasi avatar berikutnya bernama Korra yang berasal dari Suku Air Selatan. Ayahnya bernama Tonraq dan Ibunya bernama Senna. Keduanya adalah Pengendali Air. Diusianya yang ke-empat, ia sudah tahu dan paham bahwa ia adalah seorang Avatar, hal itu dibuktikan ketika dengan bangganya ia memperlihatkan kemampuannya didepan para Orde Lotus White (Para Pengajar Avatar). Diusianya yang ke-17, ia berhasil menguasai Pengendalian Air, Tanah dan Api. Namun ia sulit mempelajari kemampuan Pengendalian Udara yang menjadi syarat selanjutnya menjadi seorang Avatar sepenuhnya. Untuk itu, iapun melakukan perjalanan ke Kota Republik yang penuh dengan kejahatan dimana ia harus belajar pengendalian udara dari Anak Bungsu Aang dan Katara bernama Master Tenzin (disuarakan oleh JK Simmons, juga untuk menhentikan kejahatan yang diperbuat oleh kelompok Equalists yang dipimpin oleh Amon yang memiliki kemampuan meghilangkan secara Permanen ketrampilan pengendalian seorang Pengendali.

Karena sifatnya yang keras kepala dan kerap tak mampu mengendalikan diri, iapun dituntut untuk menguasai sisi spiritual dari sang Avatar. Tenzin menginformasikan kepada Korra bahwa ia harus menunda pelatihan Pengendalian Udaranya karena tanggungjawabnya sebagai Anggota Dewan di Kota Republik. Ia terlihat kecewa dan lari menuju Kota Republik dengan ijin dari Katara. Disana ia dengan cepat mendapat masalah dengan Geng Motor Threat Triple Triad dan Lin Beifong, Kepala Kepolisian setempat yang memiliki hubungan asmara lama dengan Tenzin. Tenzin akhirnya mengijinkan Korra untuk tinggal bersamanya di Pulau Kuil Udara demi menghormati keinginan ayahnya untuk menjaga keseimbangan di Kota Republik. Dan di sini pula ia mulai mempelajari Pengendalian Udaranya.

Semakin tidak sabar dengan ajaran Tenzin yang memerlukan ketenangan batin dalam bermeditasi dan ketenangan pikiran, Korra mulai mempelajari olehraga Pro-Bending, olahraga paling populer di Kota Republik. Disana ia bertemu dengan dua kakak beradik (Mako dan bolin dan menjadi Anggota Tim Fire Ferrets setelah salah satu anggotanya seorang pengendali Air mengundurkan diri.

Aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Korra dan Mako saat menyelamatkan Bolin menjadi awal perjumpaan Korra dan Amon. Amon mampu menghilangkan secara permanen kemampuan pengendalian seorang pengendali. Setelah mengetahui hal ini, Korra menceritakannya kepada Tenzin dan Lin Beifong, yang kemudian mengatakan bahwa tak ada Pengendali yang aman sekarang.

Sebagai kemajuan Tim Fire Ferrets lebih lanjut melalui turnamen, ketegangan romantis naik antara sesama anggota tim Pro Bending. Didorong oleh Istri yang Tenzin, Korra secara terbuka mengungkapkan perasaannya ke Mako, yang tampaknya menolak dia karena dia sudah kencan Asami. Perasaan Bolin untuk Korra lansung hancur ketika melihat kejadian Korra menciumi Mako. Hal ini menyebabkan ketegangan di tim Fire Ferret, Akhirnya mereka memutuskan untuk tetap berteman, meskipun Korra masih menaruh hati kepada Mako.

Kepribadian dan Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti Aang diserial sebelumnya, Korra digambarkan sangat keras kepala dan tidak takut terlibat perkelahian. Meskipun ia berbakat, kepribadiannya yang keras kepala telah mencegahnya dari kemudahan pengusaan Pengendalian Udara ataupun yang berhubungan dengan Dunia Roh. Avatar sebelum Aang, Kyoshi dan Roku, memiliki kesulitan terbesar menguasai elemen yang paling berlawanan dengan kepribadian Avatar. Roku butuh waktu lama mempelajari pengendalian Air, Aang sulit mempelajari pengendalian Bumi.

Sahabatnya adalah anjing beruang kutub bernama Naga, yang dengan kekuatannya membantu Korra keluar dari situasi berbahaya. Meskipun anjing liar beruang kutub awalnya ditakuti dan diburu oleh Suku Air, Korra adalah orang pertama yang pernah menjinakkannya. Korra juga berteman dengan Mako saudara-Bolin serta anggota keluarga Tenzin itu.

Keterampilan[sunting | sunting sumber]

Korra adalah seorang pengendali Air, Bumi dan Api. Ia belajar pengendalian Udara dari Master Tenzin

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Korra memiliki perasaan intim dengan Mako yang terlihat bingung mengakuinya karena ia mengencani Asami. Bolin menyukai Korra, namun Korra tidak emnyimpan rasa suka terhadapnya. Disebuah adegan, Korra terlihat menciumi bibir Mako yang disaksikan oleh Bolin yang tak sengaja melihat kejadian itu. Untuk saat ini, Mako menolak rasa cintanya kepada Korra dan menggunakan hubungannya dengan Asami sebagai alasannya. Asami tidak terlihat curiga dengan hubungan Mako dan Korra, tapi yang jelas, Mako menunjukkan loyalitasnya yang kuat terhadap Korra dan Asami.

Referensi[sunting | sunting sumber]