Kontroversi seputar Call Of Duty: Modern Warfare 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

No Russian adalah salah satu misi dari permainan Call of Duty: Modern Warfare 2 yang dirilis pada 10 November 2009. Misi ini menceritakan tentang Vladimir Makarov dan kelompoknya yang melakukan pembunuhan massal di Bandara Internasional Zakhaev. Misi ini membuat Call of Duty: Modern Warfare 2 menjadi salah satu game paling kontroversial sepanjang masa.

Cerita[sunting | sunting sumber]

No Russian. Dalam seluruh konsol, pemain dapat melewati misi ini.

Cerita berlatar Zakhaev International Airport. Saat itu Pratu Joseph Allen menyamar sebagai Alexei Borodin untuk mendapatkan kepercayaaan dari Vladimir Makarov. Makarov berpesan agar tidak ada orang dari tim mereka yang berbicara dalam Bahasa Rusia. Saat mereka mulai menembak, warga sipil berteriak, lalu tiarap untuk mencari tempat aman dan meninggalkan bercak pesing, dan beberapa ada yang menarik orang lain. Pemain tidak dapat menembak para teroris karena akan menggagalkan permainan. Pada saat awal permainan, pemain diingatkan bahwa level No Russian mengandung konten yang mengganggu, pemain dapat melewati atau tetap bermain.

Pemain tidak mendapatkan pinalti dalam melewati level dan tidak ada skor dalam pembantaian orang sipil. Pemain tidak dipaksa untuk menembak satupun sipil (objektif dari misi hanya Follow Makarov's lead atau mengikuti Makarov. Pada akhir permainan, pemain harus melawan FSB, dan bagaimanapun Makarov mengetahui identitas sejati Allen, dan ia mengeksekusinya saat akan kabur. Lalu pihak Rusia mengetahui bahwa pembantaian dilakukan atau didukung oleh Amerika Serikat dengan bukti senjata, bahasa dan tubuh Allen sehingga memicu Perang Amerika-Rusia yang diawali dengan invasi Rusia ke Amerika Serikat.

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Russia[sunting | sunting sumber]

Di Rusia, misi No Russian di hapus pada permainan versi PC sehingga menyebabkan rilis Call Of Duty:Modern Warfare 2 ditunda.

Jerman Dan Jepang[sunting | sunting sumber]

Di Jerman, level akan gagal jika pemain membunuh orang sipil. Versi Jepang memiliki kesalahan besar pada saat Makarov mengatakan "Remember, No Russian" menjadi "Kill them, they are Russian", menyebabkan pemain lebih membeli versi Amerika Serikat daripada versi lokal dengan banyaknya kesalahan penerjemahan.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Video Di Youtube[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]