Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gedung KITLV di Leiden
Tempat peminjaman KITLV

Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (Indonesia: "Lembaga Kerajaan Ilmu Bahasa, Negara dan Antropologi" dan Inggris: Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies) adalah sebuah lembaga ilmiah yang didirikan pada tahun 1851.

Tujuan utamanya ialah penelitian ilmu antropologi, ilmu bahasa, ilmu sosial, dan ilmu sejarah wilayah Asia Tenggara, Oseania dan Karibia. Wilayah-wilayah ini merupakan wilayah penelitian sebab di terletak bekas jajahan Belanda dan juga wilayah Kerajaan Belanda yaitu Indonesia, Suriname, Antillen Belanda, dan Aruba.

Perpustakaan KITLV di Leiden, Belanda memiliki koleksi lengkap buku-buku, naskah-naskah manuskrip, dan bentuk dokumentasi lainnya.

Majalah terkenal yang diterbitkan oleh KITLV adalah BKI (Bijdragen Koninklijk Instituut). Judul lengkapnya adalah Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde. Jurnal ilmiah ini menerbitkan artikel-artikel tentang pengetahuan bahasa, antropologi dan geografi, terutamanya tentang Indonesia modern, dan sudah diterbitkan 161 tahun. Walaupun judul majalah itu dalam bahasa Belanda, kebanyakan artikel dikarang dalam bahasa internasional yaitu bahasa Inggris sekarang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]