Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pembukaan COP19 tanggal 11 November 2013

Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2013 akan diselenggarakan di Warsawa, Polandia, pada tanggal 11 sampai 22 November 2013. Ini adalah sidang tahunan ke-19 Konferensi Pihak (COP 19) Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC) dan sidang ke-9 Pertemuan Pihak (CMP 9) Protokol Kyoto 1997 (protokol ini disusun sesuai piagam UNFCCC).[1] Delegasi konferensi tahun 2013 akan melanjutkan negosiasi putaran Kyoto, Durban, Doha, dan Bonn untuk mencapai kesepakatan iklim global. Sekretaris Eksekutif UNFCCC Christiana Figueres dan Menteri Lingkungan Polandia Marcin Korolec akan memimpin negosiasi ini.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Stadion Nasional di Warsawa, tempat penyelenggaraan konferensi COP 19

Lokasi pertemuan UNFCCC dirotasi menurut kawasan negara Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada tahun 2013, Warsawa, ibu kota sekaligus kota terbesar Polandia, dipilih untuk mewakili Grup Eropa Timur selaku Presiden COP 19.[2]

Pemilihan Polandia sebagai negara penyelenggara tahun 2013 dikritik oleh sejumlah organisasi lingkungan, termasuk Greenpeace Polandia dikarenakan tidak adanya komitmen pemerintah Polandia untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan memanfaatkan energi terbarukan. Per 2013, 88% listrik Polandia berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara dan para pejabatnya memblokir proposal UE seputar tindakan lebih efektif melawan pemanasan global.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]