Komunikasi paralel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konektor dan kabel ATA paralel adalah salah satu contoh penggunaan metode komunikasi paralel pada komputer pribadi.

Komunikasi paralel adalah salah satu metode komunikasi data di mana sejumlah n bit dikirimkan pada saat bersamaan melalui n untai konduktor.[1] Lebar pita jalur komunikasi data paralel adalah n × f di mana f adalah frekuensi jalur.[1] Untuk komunikasi data pada frekuensi jalur yang sama, komunikasi paralel dapat bekerja n kali lebih cepat daripada komunikasi serial.[1] Kelemahan dari komunikasi paralel adalah memakan tempat lebih banyak dan memiliki kendala sinkronikasi pada frekuensi yang tinggi.[1]

Pada komputer pribadi, penggunaan komunikasi paralel antara lain adalah standar komunikasi IEEE 1284 untuk komunikasi periferal seperti pencetak.[2] Contoh lainnya adalah komunikasi Advanced Technology Attachment / ATA yang menghubungkan papan induk dengan cakram keras atau CD-ROM pada komputer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) "Parallel vs. Serial On-Chip Communication" (PDF). VLSI Systems Research Center, Electrical Engineering Department Technion – Israel Institute of Technology, Haifa, Israel. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-03-31. Diakses tanggal 2010-06-04. 
  2. ^ (Inggris) "PARALLEL COMMUNICATION OVERVIEW". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-25. Diakses tanggal 2010-06-04.