Komputasi optis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Komputasi optis adalah penggunaan foton yang di hasilkan oleh laser maupun dioda dalam proses komputasi. Penggunaan foton dalam komputasi memungkinkan penggunaan lebar pita yang lebih besar ketimbang penggunaan elektron pada sistem komputasi konvensional.

Sebagian proyek riset berfokus pada penggantian komponen komputer yang ada sekarang ini dengan komponen sejenis yang bekerja secara optis, menjadikannya komputer optis digital dalam pemrosesan data biner. Usaha menawarkan prospek jangka-pendek untuk komputasi optis komersial, dengan memungkinkannya integrasi komponen optis ke dalam komponen komputer tradisional untuk menghasilkan komputer hibrid elektro-optis. Tetapi, 30% daya listrik perangkat optoelektronika hilang dalam proses konversi elektron dan foton dan sebaliknya. Ini juga memperlambat transmisi pesan. Komputer yang menggunakan komputasi optis secara keseluruhan tidak lagi membutuhkan perangkat konversi optis-elektrik-optis (OEO).

Komponen optis untuk komputer biner digital[sunting | sunting sumber]

Komponen utama yang menyusun suatu sistem komputer elektronik digital adalah transistor. Untuk membuat sistem komputer optis, maka dibutuhkan juga transistor optis serupa. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan material dengan indeks refraktif non-linear. Material ini bekerja ketika intensitas cahaya yang datang dapat mempengaruhi intensitas cahaya yang ditransmisikan balik, serupa dengan respon transistor elektronik terhadap voltase. Transistor optis seperti itu dapat dikembangkan menjadi gerbang logika, yang kemudian di rangkai menjadi komponen yang lebih kompleks seperti CPU komputer.