Kompatibilitas kode biner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam ilmu komputasi, sebuah komputer yang dapat menjalankan kode biner yang ditujukan untuk dijalankan pada komputer lain disebut sebagai kompatibel-biner. Terminologi ini berbeda dengan kompatibilitas kode sumber dimana proses kompilasi mungkin dibutuhkan.

Kompatibel-biner merupakan salah satu keuntungan dalam pengembangan program komputer yang ditujukan untuk dijalankan di berbagai sistem operasi. beberapa sistem operasi berbasis Unix seperti FreeBSD atau NetBSD, menawarkan kompatibilitas kode biner dengan sistem operasi lebih populer seperti Linux, disebabkan kebanyakan perangkat lunak didistribusikan untuk sistem operasi populer. Hal yang sama berlaku juga di sistem operasi Windows, hampir semua perangkat lunak yang dikompilasi untuk Windows 2000 bisa dijalankan secara langsung di Windows XP, atau versi Windows yang lebih baru.

Kompatibilitas biner sistem operasi[sunting | sunting sumber]

Kompatibilitas biner sistem operasi merupakan sistem operasi yang dibuat agar kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Sebagai contoh, pengembangan sistem operasi ReactOS sebagai upaya untuk membuat sebuah sistem operasi berbasis sumber terbuka, dan bebas yang kompatibel dengan keluarga sistem operasi Microsoft Windows NT. FreeBSD, termasuk pula dalam hal ini proyek-proyek serupa yang masuk dalam keluarga BSD, memiliki kompatibilitas biner dengan kernel linux dalam modus pengguna dengan cara menerjemahkan mekanisme pemanggilan internal Linux menjadi BSD. Dengan cara ini memungkinkan kepustakaan, serta kode aplikasi yang ditujukan untuk linux, bisa dijalankan pula di BSD.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]