Komisi Pertumbuhan dan Pembangunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komisi Pertumbuhan dan Pembangunan (Bahasa Inggris: the Commission on Growth and Development) adalah sebuah lembaga independen yang didukung oleh Pemerintah Australia, Swedia, Belanda, dan Inggris, William dan Flora Hewlett Foundation, dan Bank Dunia yang menyatukan dua puluh dua praktisi terkemuka dari masing-masing pemerintah, bisnis dan para pengambil kebijakan, terutama dari negara berkembang. Komisi ini dipimpin oleh Michael Spence sebagai Ketua Komisi, seorang penerima hadiah Nobel, mantan Dekan dari Stanford Graduate Business School, dan Danny Leipziger, Wakil Presiden, Bank Dunia, adalah Wakil Ketua Komisi .

Selama dua tahun berjalan Komisi berusaha untuk mengumpulkan adanya saling pengertian tentang kebijakan dan strategi yang mendasari percepat dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dalam pengentasan kemiskinan. Komisi cerminan para pemimpin negara-negara berkembang.

Motivasi[sunting | sunting sumber]

Secara bersama-sama dengan keyakinan bahwa tantangan di dunia dalam hal kemiskinan dan lingkungan hidup menyimpan kesalahpahaman antara bangsa-bangsa, perbedaan besar dalam kehidupan di dalam dan antar negara memilih terbaik dalam memenuhi ketentuan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan serta memperluas kesempatan ekonomi.

Komisi berpendirian untuk menyatukan tantangan pada pihak teoretis dengan pelaksana empiris mengenai pertumbuhan ekonomi dengan maksud untuk menghadapi tantangan implikasi kebijakan untuk saat ini dan kemudian berikutnya kebijakan:

  1. Kemiskinan tidak dapat dikurangi dalam isolasi dari pertumbuhan ekonomi, dan hubungan yang telah hilang dalam pemikiran dan banyak strategi;
  2. berkembangnya bukti bahwa kekuatan-kekuatan ekonomi dan sosial yang cepat dengan pertumbuhan yang berkelanjutan jauh lebih sedikit daripada biasanya yang dipahami oleh pemikiran nasihat ekonomi kepada negara-negara berkembang telah diberikan dengan keyakinan yang dibenarkan oleh pengetahuan negara;
  3. Dalam realisasi bahwa akumulasi sangat relevan (baik berhasil dan tidak berhasil) pengalaman pertumbuhan selama 20 tahun yang unik menyediakan sumber belajar dan
  4. Tumbuhnya kesadaran bahwa kecuali untuk China dan India, dan lainnya ekonom berkembang pesat di Asia Timur, negara-negara berkembang perlu mempercepat angka pertumbuhan mereka signifikan untuk pendapatan mereka naik ke atas dengan tingkat pendapatan di negara-negara industri, dan untuk dunia yang lebih baik untuk mencapai keseimbangan dalam distribusi kekayaan dan tukar kesempatan.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Kegiatan komisi terdapat pada tiga tingkatan:

  1. Komisi meneetapkan tema dan isu-isu penting ia berpikir untuk pertumbuhan dan perkembangan;
  2. Komisi mengundang secara berkala aktivis dunia akademisi, praktisi dan para ahli akademis serta mengeksplorasi pengetahuan antar negara yang bertema dan masalah-masalah; yang telah dibahas dan didiskusikan pada Komisi lokakarya; dan
  3. Sebuah kelompok kerja yang berinteraksi dengan akademisi dan Komisaris, ulasan dan komentar pada usulan selama proses. Kerja kelompok ini mendukung Ketua dalam rancangan akhir dari laporan interim draft meninjau dan memberikan komentar.

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Komisi didanai oleh William dan Flora Hewlett Foundation, pemerintah Australia, Belanda, Swedia, dan Inggris, dan Bank Dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]