Kolonisasi Swedia di Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kolonisasi Eropa
di Amerika
Sejarah Amerika
Kolonisasi Britania
Kolonisasi Belanda
Kolonisasi Courland
Kolonisasi Denmark
Kolonisasi Jerman
Kolonisasi Nordik
Kolonisasi Perancis
Kolonisasi Portugis
Kolonisasi Rusia
Kolonisasi Skotlandia
Kolonisasi Spanyol
Kolonisasi Swedia
Dekolonisasi

Kolonisasi Swedia di Amerika terjadi pada abad ke-17 di wilayah kini dikenal sebagai Delaware, New Jersey, Pennsylvania, dan Maryland, dan juga dua jajahan di Karibia selama abad ke-18 dan ke-19.

Hingga tahun 1809, Finlandia merupakan bagian dari Swedia, dan banyak penduduk koloni Swedia berasal dari Finlandia atau berbahasa Finlandia.[1] Orang Finlandia yang datang ke Amerika berasal dari wilayah Savonia dan Kainuu.

Imigran Swedia terus datang ke Amerika untuk bermukim. Pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20 terjadi emigrasi Swedia ke Amerika Serikat. Sekitar 1.3 juta orang Swedia menetap di Amerika Serikat selama periode tersebut, dan kini terdapat 3.998.310 penduduk Swedia Amerika.

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Koloni Swedia Baru (1638-1655) terletak di sekitar Sungai Delaware dengan pemukiman di Delaware (contoh Wilmington), Pennsylvania (contoh Philadelphia) dan New Jersey (Contoh New Stockholm dan Swedesboro). Koloni Swedia ditaklukan oleh Belanda, yang menganggap kehadiran kolonis Swedia di Amerika Utara sebagai ancaman terhadap Belanda Baru.

Karibia[sunting | sunting sumber]

Saint-Barthélemy (1785-1878) beroperasi sebagai porto franco (pelabuhan bebas). Kota Gustavia hingga kini masih menggunakan nama Swedianya.

Guadeloupe (1813-1814) menjadi jajahan Swedia sebagai akibat dari Peperangan era Napoleon.

Referensi[sunting | sunting sumber]