Kode ONS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kode ONS adalah kode hierarki yang digunakan oleh Kantor Statistik Nasional di Britania Raya untuk tujuan sensus dan data-data statistik lainnya.

Otoritas, kelurahan, dan wilayah sensus[sunting | sunting sumber]

Kode ini tersusun berurutan dari 4 karakter kode yang menunjukkan sebuah otoritas kesatuan atau provinsi administratif dan distrik. Sebagai contoh:

00EC Middlesbrough (kesatuan)
atau
12 Provinsi Cambridgeshire
12UB Distrik Cambridge

Pemerintah lokal kelurahan (ward) memiliki kode dua-huruf untuk kelurahan. Wilayah Output Sensus merupakan unit terkecil untuk publikasi data sensus—biasanya mencakup minimal 40 kepala keluarga (lebih disarankan 100), dan terdiri dari sebuah blok kodepos setelah data sensus tersedia.

Kode ini pertama kali digunakan pada sensus Britania Raya tahun 2001 - data sensus sebelumnya didasarkan pada entiti yang lebih besar, Distrik Enumerasi yang membutuhkan penjelasan sebelum sensus karena kerumitannya. Distrik Enumerasi masih digunakan untuk pengumpulan data sensus, tetapi tidak untuk publikasi.

12UB Distrik Cambridge
12UBGA Kelurahan Petersfield
12UBGA0001 Wilayah Output: Jalan Gwydir (utara perempatan dengan Jl. Hooper)

Kode otoritas distrik dan kelurahan diakui oleh Eurostat sebagai kode Unit administratif lokal level 1 dan 2 di dalam sistem NUTS.