Kochikame

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kochikame
1 kochira katsushika-ku kamearikouen-mae hashutsujo kochikame.jpg
こちら葛飾区亀有公園前派出所
Genre komedi, polisi
Manga
Pengarang  Osamu Akimoto
Penerbit  Bendera Jepang Shueisha
Demografi Shōnen
Anime
Sutradara  Tetsuo Yasumi
Noboru Misawa
Shinji Takamatsu
Norihiro Takamoto
Akira Shigino
Studio Studio Gallop
Portal Anime dan Manga

Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen Mae Hashutsujo (こちら葛飾区亀有公園前派出所?), disingkat Kochikame (こち亀?) adalah serial manga karya Osamu Akimoto yang dimuat di mingguan Shonen Jump. Kesuksesan manga tersebut kemudian dibuat menjadi serial anime yang diproduksi oleh Studio Gallop. Kochikame versi manga telah dipublikasikan sejak tahun 1976 dan telah lebih dari 1400 bab. Kochikame termasuk dalam serial manga yang terpanjang dalam sejarah manga. Sebenarnya Kochikame untuk bacaan orang dewasa. Namun banyak pula anak-anak yang menyukainya. Mungkin karena Ryo ini digambarkan sebagai orang yang lucu dan senang bercanda. Pada bulan September 2006 yang lalu, ada perayaan 30 tahun Kochikame. Sebelum itu, bulan Februari 2006, patung perunggu Ryo didirikan di depan stasiun Kameari. Kameari Koen sendiri sebetulnya nama taman di Katsushika, Tokyo.

Para Tokoh[sunting | sunting sumber]

Kankichi Ryotsu[sunting | sunting sumber]

Pada versi bahasa Indonesianya,tokoh ini diganti nama menjadi Ryo Kanankiri.Lahir pada tanggal 3 Maret. Ia bekerja di kantor polisi di depan taman Kameari. Meski sudah berumur 36 tahun, jiwa Ryo masih seperti berumur 12 tahun. Ryo adalah seorang pemalas. Namun anehnya ia akan bersemangat sekali dan menggunakan berbagai strategi untuk mendapatkan uang dan melakukan banyak rencana. Padahal uang tersebut dihabiskannya untuk membeli mainan, alat-alat, dan pergi ke tempat-tempat hiburan. Penampilannya gampang dikennali yakni berambut pendek, lusuh, dan sering menghentakan kaki dengan sandalnya. Asal walaupun sedang berseragam polisi. Ryo juga agak kuno karena kemana-mana masih setia dengan sepedanya yang diberi nama Chidori dan berbunyi keriat-keriut itu. Namun anehnya, Ryo juga hobi berat pada perkembangan mode terakhir dan senang pada teknologi seperti permainan elektronik bahkan mengoleksinya. Ryo senang menuruti kata hatinya dan senang mencari hiburan seperti bermain dan mempertaruhkan uang untuk lomba balap kuda. Akan tetapi, walau hidupnya tak disiplin tetapi ia memiliki rasa kemanusiaan yang kuat dan juga daya tahan tubuh yang luar biasa. Terakhir, Ryo ini belum menikah karena sering ditolak.

Keiichi Nakagawa[sunting | sunting sumber]

Pada versi bahasa Indonesianya,tokoh ini diganti nama menjadi Aditya.Lahir pada tanggal 24 Desember. Ia adalah seoarang patroli yang cakep dan selalu mendampingi Ryo dalam serial komiknya. Ia bertugas menjaga pos polisi. Nakagawa sebenarnya adalah anak dari seorang konglomerat yang terkenal. Nakagawa sangat bersemangat bila ada pertemuan. Sebab ia akan mengendarai ferrari yaitu mobil mewahnya atau naik helikopter pribadi. Kelebihan yang lain adalah ia jago menyetir dan juga menembak. Nakagawa pun menjadi idola bagi para polisi wanita di kantornya.

Reiko Catherine Akimoto[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tanggal 7 Juli. Reiko sendiri adalah rekan kerja Nakagawa. Reiko termasuk kaya karena mewarisi kekayaan orang tuanya. Reiko berdarah separuh Perancis dan dibesarkan di Amerika. Ayahnya adalah pemilik perusahaan Akimoto. Reiko menguasai banyak bahasa. Rambutnya pirang, sangat cantik dan setiap ke kantor ia mengendarai mobil Porsche. Oleh karena itu, Reiko kurang menjalankan tugasnya sebagai polisi karena lebih senang bergaul dengan kalangan atas.

Daijiro Ohara[sunting | sunting sumber]

Kantor polisi yang ada dalam manga dan juga ada di dunia nyata.

Ia adalah kepala patroli polisi di Katsuhika dan bertanggung jawab pada kantor polisi yang berada di depan taman Kameari tersebut. Daijiro biasa dipanggil Bucho dan atasan Ryo yang merupakan seorang polisi senior sehingga tak segan menghukum Ryo. Banyak yang takut padanya karena hobinya yakni judo, kendo, bonsai, dan kaligrafi. Namun sebenarnya Daijiro menjadi figur ayah bagi Ryotsu, Reiko, dan Nakagawa walau galak dan tegas. Namun Daijiro termasuk orang yang sederhana. Setiap berangkat bekerja, Daijiro naik bus atau kereta.

Sebetulnya masih banyak tokoh lain dalam Kochikame, yakni Ai Asato, Hayato Honda, Yoichi Terai, Neuro Higurashi, Kinji Totsuka, Gomesu Tonda, Matoi Giboshi, Haya Isowashi, Nana Otohime, Haru Mido, Jodie Bakuryu Karen, Korosuke Ezaki, Rika Hanayama, Toden Hoshi, Komachi Ono, dan masih banyak lagi. Memang Kochikame merupakan serial yang memiliki banyak karakter.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]