Knowledge management

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengantar[sunting | sunting sumber]

Knowledge Management (KM) adalah topik yang masih terus mencari bentuk dikalangan peneliti. KM dalam bahasa indonesia sering disebut "Management Pengentahuan" dan dibahas oleh akademisi di Manajemen_pengetahuan.
Namun untuk menjawab kebutuhan para praktisi yang ingin gambaran ringkas & sederhana terkait KM seperti di wikipedia global Knowledge Management, maka dibuat ringkasan sederhana versi praktisi KM sebagai berikut.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Knowledge Management (KM) adalah ungkapan yang menggambarkan serangkaian strategi, sistem dan teknik yang digunakan oleh individu, team dan korporasi untuk mengelola 'knowledge'. Ada berbagai definisi KM dan juga definisi 'knowledge' yang berkembang namun belum mencapai suatu kesepakatan global.

Bentuk KM[sunting | sunting sumber]

Bagi banyak praktisi KM, 'knowledge' lebih cenderung diartikan sebagai 'pemahaman', 'insights' atau 'experience' subjective yang diperoleh seseorang ketika mempraktekkan sebuah informasi dalam realita. Knowledge ini kemudian umumnya dibakukan dalam bentuk proses bisnis, praktek, peraturan ataupun bentuk dokumentasi lain.

Validasi KM[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan sifat 'knowledge' yang demikian subjective, validasi sebuah 'individual knowledge' menjadi 'collective knowledge' hanya bisa tercapai jika terbangun proses knowledge sharing tukar menukar individual knowledge. Collective knowledge yang tervalidasi dan terdokumentasi adalah sumber kekuatan dalam konteks korporasi.

Realita Informal KM[sunting | sunting sumber]

Semua organisasi melakukan KM baik secara sadar maupun tidak. Masalahnya ialah ketika KM dikelola dengan tidak terencana, tertata dan terintegrasi secara full dengan strategi bisnis secara umum (seperti HR, IT, RM, TQM, SM, produksi, dst) maka akan timbul inefektifitas dan ineffisiensi di semua lini. Ketika kondisi ini dihadapkan dengan tingginya persaingan dunia, maka korporasi yang tidak begitu peduli soal KM akan cenderung tertatih dan tertinggal dalam persaingan.

Era Conceptual / Inovasi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan ekonomi dunia kini telah jauh berkembang. Era Agraris, telah dibuat produktif oleh Era Industri, yang dibuat efisien oleh Era Informasi, dan kini dibuat kompetitif oleh era Conceptual/Inovasi. Untuk tetap kompetitif dan bertahan di era Conceptual/Inovasi, perusahaan perlu secara ketat dan terstruktur mengembangkan sistem KM sebagai tulang punggung dari strategi SDM yang ada.
Yang diperlukan oleh korporasi umumnya bukanlah jumlah SDM, tapi kualitas knowledge & kapabilitas dari SDM tsb (dalam kata lain: apalah artinya punya banyak SDM di dalam daftar gaji bulanan tapi SDM tsb tidak ada gunanya untuk menjaga daya saing perusahaan)

Teknik-Teknik KM[sunting | sunting sumber]

Ada banyak teknik KM klasik yang sering disebut seperti
  • knowledge harvesting
  • community of practice
  • after action review
  • best practice

Sistem & Teknologi KM[sunting | sunting sumber]

Hampir semua teknologi ICT, yang berubah begitu cepat tiap harinya, pada esensinya adalah mendukung implementasi KM. Tantangan utama bagi CEO adalah bagaimana memformulasikan sistem & teknologi KM yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, prioritas dan level integrasi knowledge yang diperlukan.

Konsultan Spesialis KM[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, ada beberapa konsultan spesialis KM seperti Asia e-Services dan Dunamis, masing-masing memiliki spesialisasi dan kelebihan dalam beberapa hal terkait implementasi KM di Indonesia. Kegiatan KM secara nasional yang reguler dilakukan dalam bentuk MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Awards yang diikuti oleh hampir seluruh BUMN dan Swasta Nasional. MAKE Award juga dilakukan pada level asia dan global. Perusahaan seperti Unilever dikenal sebagai pemenang rutin MAKE AWARD.

Komunitas KM Dunia[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa organisasi dunia yang secara serius mengelola pengembangan KM sebagai suatu disiplin ilmu. Diantaranya adalah KM Institute dan APQC. Keduanya berkantor pusat di amerika