Klingenberg am Main

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Klingenberg am Main (resmi: Klingenberg a.Main) adalah sebuah kota di Bayern, Jerman. Kota ini berada di tepi Sungai Main.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penyebutan tertua atas sejarah Klingenberg am Main adalah sebongkah batu pentahbisan peninggalan Romawi, sebuah benteng lingkaran dari awal Abad Pertengahan dan halaman gereja Grubinger Aleman.

Kastil Clingenburg didirikan oleh Conradus Colbo pada tahun 1177. Penyebutan resmi pertama atas Klingenberg am Main berasal dari tahun 1276. Antara tahun 1500-1814, Klingenberg am Main menjadi milik Keuskupan Agung Mainz, lalu diserahkan ke Kerajaan Bayern.

Pada tahun 1976, Klingenberg am Main menjadi terkenal akibat ruwatan Anneliese Michel. Pengadilan berikutnya - Kasus Klingenberg - dihadiri oleh sejumlah media massa dunia. Kini, makam Michel tetap menjadi tempat ziarah bagi orang-orang yang percaya akan kejadian supernatural yang melingkupinya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Penambangan tanah liat di kota ini bermula pada pertengahan abad ke-17. Selama beberapa dasawarsa, pertambangan itu beserta labanya adalah jaminan kemakmuran warga Klingenberg am Main.

Klingenberg am Main sekarang terkenal akan budi daya aggur merah di perbukitan kota ini yang bertingkat. Klingenberger Weintage (Hari Anggur Klingenberg), Winzerfest (Festival Pemelihara Anggur) yang biasa diselenggarakan di bulan Agustus – adalah beberapa contoh festival tertua di daerah Main. Pengujian anggur diselenggarakan tiap bulan November dan juga "Weinberg in Flammen" yang diselenggarakan tiap tahun, di mana ladang anggur diterangi oleh ratusan cahaya selama malam di musim panas.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]