Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Klender
—  Kelurahan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jakarta
Kota Jakarta Timur
Kecamatan Duren Sawit
Kodepos 13470

Klender adalah salah satu kelurahan di kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.

Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Jatinegara Kaum dan Jatinegara di sebelah utara, Kelurahan Cipinang Muara di sebelah barat, Kelurahan Pondok Kopi di sebelah timur dan Kelurahan Pondok Bambu dan Duren Sawit, Duren Sawit di sebelah selatan.

Di daerah ini terdapat banyak showroom mobil yang menjual berbagai macam mobil bekas namun memiliki kualitas. Terdapat pula Mall Klender yang terletak di Jl. I Gusti Ngurah Rai sebagai satu-satunya Mall di daerah ini. Mall tersebut dahulu terkenal sebagai Yogya (Department Store) dimana pada Kerusuhan Mei 1998 memakan korban terbanyak pada kerusuhan tersebut. Dan di daerah ini juga terdapat beberapa tempat usaha membuat mebel yang cukup terkenal di daerah Jakarta Timur, dan terdapat Tugu Mebel yang terletak di Jembatan Klender.

Jalan-jalan utama di daerah ini adalah Jl. Pahlawan Revolusi, Jl. Duren Sawit Raya, Jl. I Gusti Ngurah Rai, dan Jl. Buaran Indah Raya. Adapula Jembatan Flyover Klender yang menghubungkan antara daerah Klender dengan daerah Jatinegara Kaum. Klender juga memiliki 1 stasiun Kereta Api bernama Stasiun Klender yang berada di jalur kereta api dari Jatinegara menuju Bekasi.

Kini Klender berkembang menjadi daerah perkantoran/ruko, pusat kuliner dan perbelanjaan seperti Buaran Plaza, bebek kaleyo, Mc Donald's, dan juga Giant. Daerah ini di lintasi dengan Banjir Kanal Timur yang sedang dalam tahap penyelesaian dan disekitarnya terdapat arena jogging track yang sering dipakai untuk sarana olahraga.

Daerah Klender sangat strategis dan sangat cocok untuk perhunian yang jauh dari perkotaan. Kemudahan akses jalan menuju Pulo Gadung, Bekasi dan juga Kelapa Gading selain itu klender juga mempunyai akses jalan menuju Jatinegara, Tebet, Casablanca dan juga jalan protokol Sudirman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman dahulu daerah ini merupakan daerah yang memiliki banyak rawa-rawa dan jarang sekali penduduk yang tinggal di daerah ini. Belum dapat dipastikan secara jelas tentang sejarah dari daerah ini. Namun beberapa 'urban legend' mengatakan bahwa daerah ini pada zaman kolonial merupakan daerah untuk tempat tinggal para ajudan pemerintah kolonial.

Angkutan umum[sunting | sunting sumber]

  • Mikrolet M31 jurusan Kampung Melayu - Pondok Kelapa.
  • Mikrolet M32 jurusan Kampung Melayu - Perumnas Klender.
  • Metromini T506 jurusan Kampung Melayu - Pondok Kopi.
  • Metromini T47 jurusan Senen - Pondok Kopi.
  • Metromini T50 jurusan Kampung Melayu - Perumnas Klender.
  • Metromini T45 jurusan Pulogadung - TMII.
  • KWK T27 jurusan Rawamangun - Kalimalang.
  • KWK T23 jurusan Pulogadung - Kalimalang.