Klan Uchiha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Klan Uchiha (Naruto))
Lompat ke: navigasi, cari
Simbol klan Uchiha

Klan Uchiha (うちは一族 Uchiha Ichizoku?) adalah nama sebuah klan ninja fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Diceritakan bahwa klan ini hampir punah, sebab hampir seluruh anggota klan ini tewas di tangan Uchiha Itachi dan Tobi, kecuali Uchiha Sasuke.

Asal usul terbentuknya Sharingan[sunting | sunting sumber]

Dikisahkan pada saat Orochimaru dengan Uchiha sasuke beserta timnya yang sedang membangkitkan kembali para Hokage dengan jurus Edo tensei. Orochimaru dapat melakukan jurus seperti semula karena chakra tangannya telah kembali setelah Orochimaru melepaskan segel dewa kematian yang dilakukan di kuil Nakano dengan cara memakai topeng yang berasal dari ruangan klan Uzumaki untuk memanggil Shinigami kemudian membelah perutnya. Akhirnya 4 Hokage dibangkitkan di sana.

Sasuke yang ingin mengetahui kebenaran tentang Uchiha Itachi, klan, dan desa, akhirnya bertanya kepada para Kage. Hokage ke-2 Tobirama Senju menjelaskan bagaimana para Uchiha membangkitkan Sharingan.

Dikisahkan para Uchiha diberkahi kekuatan iblis sehingga mereka menilai kekuatan yang berasal dari jurus adalah segalanya, berbeda pandangan dengan klan Senju yang menganggap cinta adalah segalanya. Tetapi setelah Uchiha merasakan namanya cinta dan juga harapan, mereka merasakan harapan dan cinta mereka pupus dan membuat kondisi psikologis dan chakra mereka terganggu yang mengakibatkan chakra mereka mengalir ke otak dan lari menuju sistem saraf, lalu itulah yang mengakibatkan terbangkitnya Sharingan.

Alkisah diceritakan semakin kuat kebencian para Uchiha akibat hilangnya harapan dan cinta semakin kuat juga mata mereka.

Jurus khas Uchiha[sunting | sunting sumber]

Nama Uchiha sendiri diambil dari nama seseorang yang tinggal di kota kecil di Jepang. Jurus istimewa yang dikuasai klan Uchiha adalah jurus berunsur api, seperti Goukakyuu no Jutsu, yang merupakan jurus untuk menguji kemampuan seorang Uchiha. Klan Uchiha juga diketahui memiliki kemampuan memanipulasi Jurus Mata/Doujutsu dan jurus Sharingan yang dikuasai klan Uchiha adalah salah satu dari tiga jurus mata terhebat (dua jurus lainnya adalah Byakugan dan Rinnegan). Dengan Sharingan, seseorang bisa melihat gerakan musuh lebih cepat tiga detik sebelum kejadian terjadi, serta untuk meniru jurus-jurus lawan. Menurut legenda, Indra Ōtsutsuki adalah leluhur klan Uchiha yang merupakan anak pertama Rikudo Sennin yang memiliki mata Rinnegan. Meskipun jurus Sharingan diwarisi turun-temurun oleh anggota klan Uchiha saja, Kakashi Hatake dan Danzou yang bukan merupakan anggota klan tersebut juga memiliki mata Sharingan yang membuatnya mampu menggunakan jurus Sharingan, walaupun bersifat terbatas. Ia mendapatkannya dengan cara menerima donor mata Obito Uchiha, sahabat kecilnya. Karena ia menguasai jurus tersebut, ia dijuluki Kakashi "Sang ninja peniru."

Terdapat jurus mata yang melebihi Sharingan yaitu Mangekyou Sharingan, yang dapat dibangkitkan oleh beberapa orang dalam Uchiha termasuk Sasuke, Itachi, Obito, Madara, dan Izuna. Syarat untuk membangkitkan Magekyo Sharingan adalah pengguna Sharingan harus merasakan kepahitan hidup ketika kehilangan orang yang dikasihinya, atau dengan memiliki kebencian yang besar.

Jurus Mangekyou Sharingan memiliki kekuatan yang berbeda di tiap penggunanya. Pada Itachi dan Sasuke mengeluarkan jurus api hitam (amaterasu) dan Susano'o sedangkan pada Obito dan Kakashi membuat ruang antar dimensi. Mangekyou Sharingan Shisui memiliki kemampuan menguasai pikiran lawan tanpa disadari.

Ada 1 tingkatan dari mata Sharingan melebihi Magekyo Sharingan, yaitu Eternal Mangekyou Sharingan. Sasuke dan Madara menguasai kemampuan itu. Tentu saja ada syarat tertentu seperti halnya Mangekyo Sharingan, syaratnya adalah mengambil mata Mangekyou Sharingan dan mencangkokkannya ke dalam mata Mangekyou Sharingan sendiri.

Pembantaian klan Uchiha[sunting | sunting sumber]

Dikisahkan bahwa Itachi Uchiha dan Tobi membunuh seluruh anggota klan mereka. Karena memiliki rasa kasih sayang kepada Sasuke, Itachi melepaskan adiknya itu. Itachi tidak menghabisi Sasuke, karena ada beberapa alasan yang diketahui kebenarannya, yaitu:

  • Itachi sangat menyayangi Sasuke
  • Itachi ingin Sasuke sendiri yang menghabisi dirinya agar Sasuke dianggap pahlawan Konoha dan melanjuti keturunan Uchiha.
  • Sesuai permintaan terakhir orang tua Itachi dan Sasuke yang meminta agar Sasuke dilindungi.

Uchiha Itachi mengatakan bahwa ia membantai klan Uchiha karena mendapat tugas dari Danzou yang mengetahui bahwa klan Uchiha akan mengadakan kudeta di Konoha, dan Itachi memutuskan untuk membantai klannya sendiri.