Kismaayo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kismaayo (juga dieja Kismayo atau Kismayu) adalah sebuah kota di kawasan Jubbada Hoose (Jubba Hilir) di Somalia. Terletak di dekat mulut Sungai Jubba, Kismaayo terkenal mempunyai pemandangan yang indah. Pada tahun 2006 penduduknya diperkirakan berjumlah 245.636 jiwa.[1]

Kismaayo didirikan oleh suku Bajuni yang masih terkait dengan suku Bantu. Suku Somali merupakan kelompok pendatang yang paling baru. Pada abad ke-19 Kismaayo pernah diperintah Kesultanan Zanzibar, Mesir, serta Britania Raya. Kemudian pada tahun 1924 kekuasaan terhadap Kismaayo berpindah tangan ke pemerintah Italia yang menjadikan Kismaayo sebagai bagian dari Somaliland Italia dua tahun kemudian.

Perang saudara antarsuku menyebabkan kota ini kerap dilanda konflik. Pada tahun 1998 saat kelompok pemberontak bernama Gerakan Patriotik Somali menyatakan pendirian negara pecahan baru bernama Jubaland, Kismaayo menjadi ibu kotanya. Hingga tahun 2006 kondisi di Kismaayo masih belum stabil akibat pihak-pihak yang berusaha merebut kekuasaan terhadap kota pelabuhan ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]