Kisah Pelayaran Abdullah ke Kelantan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kisah Pelayaran Abdullah ke Kelantan adalah karangan Abdullah bin Abdulkadir Munsyi yang pertama kali diterbitkan di Singapura tahun 1838. Dalam karya ini Abdullah menceritakan pelayarannya dari Singapura sampai Kelantan.

Edisi pertama cerita ini ditulis baik dalam huruf Latin maupun Jawi, sedangkan edisi kedua (1852) yang bercetak batu ditulis dalam huruf Jawi saja. Pada tahun 1855 sarjana Belanda J. Pijnappel kemudian menerbitkan pula edisi yang ditujukan untuk pelajar bahasa Melayu. Kesemua edisi ini menjadi acuan untuk H. C. Klinkert untuk edisinya yang ditujukan untuk bahan bacaan siswa di Hindia Belanda.

Di Malaysia kisah ini diterbitkan pula tahun 1960, dengan penyunting Kassim Ahmad. Pada tahun 2005 Kisah Pelayaran Abdullah ke Kelantan yang disunting oleh Amin Sweeney dipublikasi sebagai bagian dari koleksi karya lengkap Abdullah bin Abdulkadir Munsyi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Amin Sweeney, Karya Lengkap Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi, Jilid 1, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia / École française d’Extrême-Orient, 2005. Naskah dan Dokumen Nusantara XX.