King (kawah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakteristik kawah
A16metric1580.gif
Kawah King dari Apollo 16. Foto NASA.
Koordinat 5,0° LU, 120,5° BT
Diameter 76 km
Kedalaman 5 km[1]
Kolongitud 241° saat Matahari terbit
Eponim Arthur S. King
Edward S. King

King adalah nama sebuah kawah di Bulan yang cukup besar berlokasi di sisi jauh Bulan, dan tidak dapat dilihat secara langsung dari Bumi. Kawah tersebut berpasangan dengan kawah Ibn Firnas, yang sedikit lebih besar darinya dan terletak di timur laut bibir kawah King. Di sebelah baratlaut King terletak kawah Lobachevskiy, dan kawah Guyot terletak pada jarak yang sama di sebelah utara-baratlaut.

King diperkirakan berusia muda dan memiliki sistem memancar (ray system). Bibir luar King berbentuk hampir sirkular dengan sedikit bentuk tidak teratur, utamanya di ujung sebelah utara (bagian atas gambar). Struktur dinding bagian dalam berundak-undak dan di bagian tengah terdapat puncak pusat yang terangkat (central peak uplift). Ini merupakan struktur umum pada kawah-kawah kompleks. Dasar kawah relatif datar dengan beberapa gundukan di beberapa tempat. Struktur puncak pusat seperti huruf “Y” bisa jadi adalah sebuah struktur terangkat berbentuk sirkular yang overlap dengan reruntuhan masif dinding sebelah selatan. Di sebelah utara terdapat kawah tua yang terisi dengan material yang lembut dan gelap. Diperkirakan kawah tua tersebut telah terisi batuan yang mencair akibat efek tabrakan yang menciptakan kawah King. Bagian bibir kawah sebelah utara tidak terdefinisikan dengan baik dan lebih rendah 2,5 sampai 3 km dari kebanyakan bagian bibir kawah lainnya. Kawah King kemungkinan disebabkan oleh arah tabrakan yang sangat miring dengan “proyektil” datang dari arah selatan. Hal ini yang menjadi penjelasan mengenai struktur memanjang berbentuk “Y”, deposit reruntuhan dinding sebelah selatan, rendahnya bibir utara, dan kolam batuan cair di sebelah utara[2].

Sebuah kawah kecil dekat dinding sebelah timur-tenggara secara resmi telah diberi nama feminin bangsa India, Sita, oleh IAU. Kawah ini berlokasi pada koordinat selenografis 4,6° LU, 120,8° BT, dan berdiameter 2 km.

Kawah-kawah satelit[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan konvensi, kawah-kawah satelit diidentifikasi pada peta Bulan dengan menempatkan huruf pada sisi kawah terdekat dengan kawah King.

King Lintang Bujur Diameter
J 3,2° U 121,8° T 14 km
Y 6,5° U 119,8° T 48 km

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lihat tabel referensi untuk daftar bahan bacaan dan situs web yang digunakan dalam kompilasi halaman ini.
  1. ^ "King Crater" (dalam bahasa English). NASA. Diakses 28 November.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ Wood, Chuck (26 Juni 2006). "King of the Farside" (dalam bahasa Bahasa Inggris). Lunar Photo of the Day. Diakses 12 Juli.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)