Kimchi jjigae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kimchijjigae)
Kimchi jjigae
Nama Korea
Hangul
김치찌개
Alih AksaraGimchi Jjigae
McCune–ReischauerKimch'i Tchigae

Kimchi jjigae adalah makanan Korea berupa sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi dan air cabai dari kimchi. Sup ini berisi sayuran (sawi putih, daun bawang), tahu, dan makanan laut atau daging babi.

Kimchi jjigae merupakan masakan yang sering dibuat orang Korea di rumah sebagai lauk teman makan nasi. Bahan-bahan untuk sup mudah didapat, dan membuatnya tidak sulit. Kimchi yang sudah masam menghasilkan sup dengan aroma yang kuat dan biasanya menjadi lebih enak. Penjual kimchi umumnya membedakan antara kimchi baru dan kimchi masam yang sudah lebih lama terfermentasi.

Sup ini dihidangkan di tengah-tengah meja bersama pancinya dengan pelengkap sejumlah banchan. Panci biasanya berukuran cukup besar untuk memuat sup yang cukup untuk dimakan bersama oleh dua orang atau lebih. Di rumah makan, sup ini juga disajikan dalam panci keramik berukuran kecil (ttukbaegi, 뚝배기) untuk porsi satu orang.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Daging babi bisa diganti dengan ikan tuna dalam kaleng. Bila memakai ikan tuna, sup ini disebut "chamchi kimchi jjigae" (참치김치찌개,chamchi berarti ikan tuna).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]