Kim Kyu-sik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kim Kyu-sik
김규식
金奎植
Wakil Presiden Pemerintahan Sementara Republik Korea
Masa jabatan
Oktober 1940 – 3 Maret 1947
Didahului oleh -
Digantikan oleh Kim Gu
Informasi pribadi
Lahir 29 Januari 1881
Dongrae, Dinasti Joseon
Meninggal 10 Desember 1950 (umur 69)
Manpo, Korea Utara
Nama Korea
Hangeul 김규식
Hanja 金奎植
Alih Aksara yang Disempurnakan Kim Gyu-sik
McCune–Reischauer Kim Kyu-sik
Nama pena
Hangeul 우사, 죽적
Hanja 尤史, 竹笛
Alih Aksara yang Disempurnakan Wusa, Jukjeok
McCune–Reischauer Wusa, Jukjeok

Kim Kyu-Sik, juga dieja Kimm Giusic dan Kimm Kiusic (lahir di Dongrae, Dinasti Joseon, 29 Januari 1881 – meninggal di Manpo, Korea Utara, 10 Desember 1950 pada umur 69 tahun), adalah seorang politikus Korea dan akademis selama gerakan kemerdekaan Korea dan pemimpin Pemerintahan Sementara Republik Korea. Kim menjabat dalam berbagai peran dalam pemerintahan sementara, termasuk sebagai menteri luar negeri, duta besar, menteri pendidikan dan akhirnya sebagai wakil presiden dari tahun 1940 sampai pembubaran pemerintahan sementara itu pada tanggal 3 Maret 1947. Julukan Kim termasuk Yoosa (우사), Kummun (금문), KimSung (김성), dan JukJeok (죽적).

Kehidupan dan Karier[sunting | sunting sumber]

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Kim Kyu-sik pada tahun setelah 1890 waktu masih remaja

Kim lahir di Dongnae, sekarang bagian dari modern Busan. Yatim piatu pada usia dini, Kim belajar dengan misionaris Amerika HG Underwood mulai dari usia 6 tahun, mengambil nama Kristen "Johann." Dia kemudian melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, menerima gelar sarjana dari Roanoke Universitas pada tahun 1903 dan gelar master dalam sastra Inggris dari Princeton University pada tahun berikutnya.

Pada tahun 1905 Kim kembali ke Korea, mengajar secara luas. Setelah 1910 aneksasi Jepang Korea Kim melarikan diri ke China pada tahun 1913.

Pemerintah Sementara Republik Korea[sunting | sunting sumber]

Kim Kyu-sik pada tahun 1919

Pada tahun 1919, seperti kontemporer Syngman Rhee, Kimm berhasil melakukan perjalanan ke Paris untuk Konferensi Perdamaian Paris ke lobi untuk kemerdekaan Korea dari Jepang. Dia dikirim oleh Lyuh Woon-Hyung dan Chang Duk-soo, yang telah diselenggarakan Sinhan Cheongnyeondang di Shanghai pada musim panas 1919. Usahanya di Paris terbukti sia-sia.

Dia adalah anggota terkemuka dari Pemerintahan Sementara Republik Korea yang berbasis di Shanghai, menjadi Wakil Presiden. Dia fasih berbahasa Inggris dan mengajar bahasa Inggris kepada anggota Pemerintah Sementara.

Setelah Pembebasan Korea[sunting | sunting sumber]

Setelah pembebasan Korea pada tahun 1945, ia kembali ke tanah airnya untuk berpartisipasi dalam pembentukan negara baru merdeka, yang sekarang di bawah kekuasaan Amerika Serikat Pemerintah Militer Angkatan Darat di Korea di selatan dan Otoritas Sipil Soviet di Utara. Kimm disukai oleh pemimpin pendudukan Amerika John R. Hodge, yang melihat dia dan Lyuh Woon-Hyung sebagai pemimpin moderat di kanan dan kiri, masing-masing. Pada bulan September 1947, Amerika Serikat, Lee Seung Man (이승만; 李承 晩 - juga dikenal sebagai Syngman Rhee) dkk didorong untuk memindahkan pertanyaan Korea yang baru dibuat PBB, yang cepat. sebagai untuk memungkinkan pemilu di selatan meskipun. Tapi apakah keberatan nasionalis selatan seperti Kimm dan Kim Gu serta dari utara itu Komite Rakyat Sementara itu, yang menentang karena non-partisipasi Utara.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah upaya gagal untuk broker reunifikasi pada tahun itu, ia pensiun dari politik. Setelah pecahnya Perang Korea pada tahun 1950, ia diculik dan dibawa ke Utara, ia dikabarkan meninggal di dekat manpo di ujung utara pada 10 Desember.

Pada Mei 1988 ia secara anumerta dianugerahi Republik Korea Medal of Order of Merit untuk Yayasan Nasional (건국 훈장 대한민국 장; 建国 勋章 大韩民国 章), dekorasi sipil paling bergengsi di Republik Korea. Dia secara anumerta dianugerahi Korea Utara National Reunification Prize pada tahun 1998.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]