Kiamat 1985 (Perang Dunia III)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kiamat 1985 (Perang Dunia III) adalah ramalan kiamat yang akan terjadi pada tahun 1985 berdasarkan prediksi akan terjadinya Perang Dunia III.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ramalan kiamat 1985 ini dilatarbelakangi oleh laporan pers dunia pada tanggal 10 Agustus 1982 tentang ulasan ilmiah dari Radio Vatikan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 15 Juni 1985. Ulasan ilmiah tersebut adalah hasil penelitian para ahli ilmu pengetahuan Eropa dan Amerika Serikat untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Stockholm dalam rangka peringatan 37 tahun peristiwa ledakan bom atom Nagasaki.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Opini[sunting | sunting sumber]

Berita lansiran Radio Vatikan tersebut, telah membuat banyak orang menjadi sangat skeptis ketika memasuki tanggal 15 Juni 1985. Ketika itu, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya (Blok Barat, tergabung dalam NATO) sedang berseteru melawan Uni Soviet dan sekutu-sekutunya (Blok Timur, tergabung dalam Pakta Warsawa). Selanjutnya, orang-orang membayangkan akan terjadinya perang pemusnah penduduk dunia. Konon Bumi akan menjadi gurun raksasa yang dipenuhi banyak tikus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lolowang, Harold V. 2010. 2012: Akhir Zaman atau Zaman Baru. Yogyakarta: ANDI.