Keypad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Keypad Telepon

Keypad berarti Sebuah keyboard miniatur atau set tombol untuk operasi portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut "pad" yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya. Keypad yang tersusun dari angka-angka biasanya disebut sebagai numeric keypad. Keypad juga banyak dijumpai pada alphanumeric keyboard dan alat lainnya seperti kalkulator, telepon, kunci kombinasi, serta kunci pintu digital, dimana diperlukannya nomor untuk dimasukkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keypad ditemukan pertama kalinya oleh John Elias Karlin yang lahir pada Februari 28, 1918, di Johannesburg. Karlin merupakan seorang psikolog industri di Bell Labs di Murray Hill.[1]

John E. Karlin melakukan penelitian empiris tentang kegunaan dari sistem input numerik dan kapasitas orang untuk mengingat angka. Desain Karlin, yaitu "1" di posisi kiri atas bukan dari kiri bawah yang diadopsi sebagai Keypad oleh beragam perangkat dari mulai ATM, hingga peralatan medis. Desain keypad nada sentuh, bentuk tombol, serta posisi nomor '- dengan 1-2-3 pada baris atas bukan bagian bawah, seperti pada kalkulator - semua berasal dari penelitian yang dilakukan atau diawasi oleh Mr Karlin. Penelitiannya, bersama dengan anak buahnya, diam-diam namun tegas mendefinisikan pengalaman menggunakan telepon pada pertengahan abad ke-20 dan sesudahnya, dari mengantarkan panggilan semua digit untuk pengecoran bentuk keypad pada ponsel nada-sentuh. Dan tombol yang, pada gilirannya, akan menginformasikan desain untuk benda sehari-hari yang ada kini.

Pada 18 November, 1963, Bell Telephone mengeluarkan alat elektronik dengan keypad nada sentuh pertama kepada AT&T di Carnegie dan Greensburg, Pennsylvania.

Fungsi dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Di keyboard komputer biasanya terdapat sebuah keypad numerik berukuran kecil disamping, selain tombol angka lainnya yang terdapat diatas, tetaou dengan susunan menyerupai kalkulator ini memungkinkan data numerik lebih efisien untuk di masukkan. Pad angka ini (seringkali disebut "numpad") biasanya ditempatkan disisi kanan keyboard karena kebanyakan orang tidak kidal.

Banyak komputer laptop memiliki tomol fungsi khusus yang dapat mengubah keyboard alfabet ke keypad numerik dikarenakan tidak terdapatnya cukup ruang untuk menempatkan keypad yang terpisah di dalam chassis laptop.

Umumnya tombol pada kalkulator tersusun sedemikian rupa yaitu 123 dimulai dari baris bawah. Sebaliknya, pada keypad telepon, baik telepon rumah ataupun ponsel, tombol 123 yang tersusun mulai dari bagian atas. Sebuah ponsel juga memiliki tombol khusus berlabel * (asterisk | bintang) dan # (octothorpe, tanda nomor, "pound" atau "hash") di kedua sisi kanan dan kiri dari tombol nol. Sebagian besar tombol telepon juga memiliki beberapa kegunaan tambahan seperti mengingat kode area atau banyak nomor telepon.

Tombol dari kalkulator berisi angka 0 sampai 9, dari bawah ke atas, bersama dengan empat aritmatika beroperasi, titik desimal dan fungsi matematika lainnya yang lebih rumit.

Alasan mengapa tombol keypad dari keyboard dan kalkulator berbeda yaitu dikarenakan kode untuk kunci keamanan pertama telah ditemukan sebelum ditemukannya telepon dengan keypad nada sentuh, dan tidak memerlukan tambahan tombol +-%/ sehingga keypad nada sentuh mengadopsi tombol 1,2,3 dimulai dari atas bukan 1,2,3 dimulai dari bawah, karena hanya memerlukan 12 tombol.

keypad juga memiliki beberapa fitur kunci kombinasi. Jenis kunci kombinasi seperti ini biasanya dapat ditemukan di pintu masuk utama beberapa kantor besar.


Jenis-jenis[sunting | sunting sumber]

Kalkulator[sunting | sunting sumber]

Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.

Sebuah kalkulator elektronik adalah sebuah alat kecil, portabel, perangkat elektronik sering kali digunakan untuk melakukan operasi baik dasar dan kompleks aritmatika. Kalkulator modern lebih portabel daripada kebanyakan komputer , meskipun sebagian besar PDA atau ponsel yang sebanding dengan ukuran kalkulator genggam dan akan segera menggantinya.

Yang pertama solid state kalkulator elektronik diciptakan pada tahun 1960, membangun sejarah luas alat seperti sempoa, dikembangkan sekitar tahun 2000 SM, dan kalkulator mekanik, yang dikembangkan di abad ke-17. Ini dikembangkan secara paralel dengan analog komputer.

Perangkat berukuran saku menjadi tersedia pada 1970-an, terutama setelah penemuan mikroprosesor yang dikembangkan oleh Intel untuk perusahaan kalkulator Jepang Busicom.

Kalkulator elektronik modern bervariasi dari yang murah, memberikan-jauh, kartu kredit model berukuran model desktop kokoh dengan printer built-in. Mereka menjadi populer di pertengahan 1970-an sebagai sirkuit terpadu membuat ukuran dan biaya kecil. Pada akhir dekade itu, harga kalkulator telah mengurangi ke titik di mana kalkulator dasar terjangkau untuk sebagian besar dan mereka menjadi umum di sekolah.

Sistem operasi komputer sejauh awal Unix telah menyertakan program kalkulator interaktif seperti dc dan hoc fungsi, dan kalkulator termasuk dalam hampir semua PDA-jenis perangkat (menyimpan buku alamat berdedikasi dan perangkat kamus).

Selain tujuan kalkulator umum, ada yang dirancang untuk pasar tertentu, misalnya, ada kalkulator ilmiah yang meliputi trigonometri dan statistik perhitungan. Beberapa kalkulator bahkan memiliki kemampuan untuk melakukan komputer aljabar. Graphing kalkulator dapat digunakan untuk fungsi grafik didefinisikan pada baris nyata, atau lebih tinggi dimensi Euclidean spasi.

Pada tahun 1986, kalkulator masih mewakili sekitar 41% dari kapasitas hardware tujuan umum di dunia untuk menghitung informasi. Hal ini berkurang menjadi kurang dari 0,05% pada 2007.

Telepon dengan keypad[sunting | sunting sumber]

Telepon dengan keypad adalah telepon yang menggunakan tombol untuk panggilan nomor telepon untuk menempatkan menghubungi pelanggan telepon lain. Western Electric bereksperimen sedini 1941 dengan metode menggunakan buluh mekanis diaktifkan untuk menghasilkan dua nada untuk masing-masing sepuluh digit,[2] tapi itu berakhir pada 18 November 1963 ketika Bell System di Amerika Serikat secara resmi diperkenalkan dual-tone multi frekuensi (DTMF) teknologi di bawah Touch-Tone ® . Selama beberapa dekade mendatang layanan Touch-Tone diganti tradisional pulsa teknologi seperti yang digunakan dalam rotary panggilan telepon sejak 1891.[3] Teknologi nada sentuh akhirnya menjadi standar di seluruh dunia untuk sinyal telekomunikasi.

Ponsel dengan keypad[sunting | sunting sumber]

Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Ponsel telah berubah banyak sejak beberapa tahun terakhir. Saat ini, ada beberapa jenis ponsel yang memenuhi berbagai persyaratan dan kebutuhan komunikasi pemilik ponsel. Dengan teknologi berubah, orang melihat banyak perubahan dalam cara seseorang mengakses ponsel juga.

  • Keypads taktil: Keypad taktil adalah ponsel dengan keypad fisik. Tombol numerik dapat digunakan untuk mengetik huruf dengan menekan mereka nomor tertentu kali. Tombol ini adalah tombol default.
  • Keypad QWERTY: Keypad QWERTY diberi nama demikian karena mereka sangat mirip dengan keypad dekstop. Ini keypad memiliki kunci yang berbeda untuk semua huruf serta angka. Jenis ponsel yang sempurna untuk orang-orang yang akan menggunakan ponsel mereka untuk browsing internet atau SMS SMS.
  • Keypad layar sentuh: Keypad layar sentuh yaitu keypad khusus di mana angka-angka yang tersedia melalui teknologi layar sentuh. Tombol tersedia melalui layar ponsel. Beberapa ponsel layar sentuh awal seluler menyediakan keypad juga.

ATM[sunting | sunting sumber]

ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:

  • CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
  • Pembaca Kartu strip magnetik|Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
  • Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
  • Kriptoprosesor Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
  • Monitor (digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi)
  • Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
  • Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka)
  • Ruang besi bank|Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
  • Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)

Kunci kombinasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah kunci kombinasi adalah jenis gembok di mana urutan (permutasi) angka atau simbol yang digunakan untuk membuka kunci. Urutan dapat dimasukkan menggunakan dial berputar tunggal yang berinteraksi dengan beberapa disk, dengan menggunakan satu set beberapa cakram berputar dengan angka tertulis yang secara langsung berinteraksi dengan mekanisme penguncian, atau melalui tombol elektronik atau mekanik. Terdapat beragam jenis kunci kombinasi mulai dari kunci kombinasi tiga digit untuk bagasi hingga kunci brankas yang tingkat keamanan tinggi. Tidak seperti gembok biasa, kunci kombinasi tidak menggunakan kunci.

Kunci elektronik[sunting | sunting sumber]

Sebuah kunci elektronik (atau 'kunci listrik') adalah perangkat penguncian yang beroperasi dengan menggunakan arus listrik. Kunci listrik kadang-kadang berdiri sendiri dengan perakitan kontrol elektronik dipasang langsung ke kunci. Sering kali kunci listrik yang terhubung ke kontrol akses sistem. Keuntungan dari sebuah kunci listrik yang terhubung dengan sistem kontrol akses meliputi: tombol kontrol, di mana kunci dapat ditambahkan dan dihapus tanpa mengunci ulang kunci silinder, kontrol akses halus, di mana waktu dan tempat merupakan faktor, dan penebangan transaksi, di mana aktivitas direkam.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]