Key (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Key
Jenis Brand of Visual Art's
Industri Computer games
Genre Eroge & Novel visual
Didirikan Osaka, Jepang (21 Juli 1998 (1998-07-21))
Kantor pusat Kita, Osaka, Jepang
Daerah layanan Jepang
Tokoh penting Jun Maeda (Co-founder)
Shinji Orito (Co-founder)
Itaru Hinoue (Co-founder)
Produk
Situs web key.visualarts.gr.jp

Key adalah studio pembuat game Visual Novel yang masih masuk dalam Visual Art's. Key terkenal sebagai pembuat game legendaris, juga karena ceritanya yang selalu tergolong drama. Hampir seluruh karya Studio yang berdiri 1998 ini dijadikan anime (Kanon, Air, Clannad, dan yang terbaru adalah Little Busters!). Sementara sisanya, masih memiliki tanda tanya apakah akan dijadikan anime juga.

Produksi game[sunting | sunting sumber]

Kanon adalah game produksi pertama Key yang dirilis tanggal 4 Juni 1994. Animenya dibuat oleh Toei Animation dan dibuat kembali oleh Kyoto Animation dengan judul 'Kanon 2006'. Kanon dibuat movienya yang berjudul 'Kanon Kazahana' oleh Toei Animation. Kanon bersetting pada musim Salju.
Game kedua oleh Key. Air bersetting pada musim Panas. Air dirilis tanggal 8 September 2000. Animenya dibuat oleh Kyoto Animation dan dibuat Movie-nya oleh Toei Animation yang berjudul 'Air Movie'.
Game ketiga oleh Key yang bersetting pada musim Semi (musim semi dan panas dalam Anime-nya). Clananad dirilis pada 28 April 2004. Clannad adalah satu-satunya game buatan Key yang tidak memiliki unsur eroge. Animenya dibuat oleh Kyoto Animation. Sementara movie-nya yang berjudul 'Clannad Movie Version Clannad' dibuat oleh Toei Animation.
  • Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume
Merupakan kinetic novel, atau novel tanpa percabangan. Istilah "Kinetic Novel" dikenalkan oleh Visual Art's (Key masih bagian dari Visual Art's) dan biasanya digunakan untuk bagian non-komersil. Tapi untuk yang satu ini, Planetarian, menjadi game komersil karena menggunakan suara pada karakternya.
  • Tomoyo After ~It's a Wonderful Life~
Tomoyo After merupakan sequel dari Clannad yang dirilis 25 November 2005 (PC), 25 Januari 2007 (PS2). Tomoyo After berpusat pada kisah Tomoyo Sakagami dan Tomoya Okazaki.
Game keenam oleh Key, dirilis pada 27 Juli 2007. Satu-satunya game buatan Key yang juga menampilkan Na-Ga sebagai character design-nya. Little Busters dibuat lagi menjadi Little Busters -Ex- , yaitu Little Busters versi Eroge-nya dan dirilis pada 25 Juli 2008. Sementara versi animenya dibuat oleh J.C. Staff.
Spin-off dari Little Busters! yang berfokus pada kehidupan Noumi Kudryavka dan Riki Naoe setelah Little Busters!. Bersetting di musim panas.
Game buatan Key yang diinformasikan pembuatannya pada tanggal 1 April 2008 sehingga sempat dikira bagian dari 'April's Fools'. Game ini diluncurkan pada 24 Juni 2011 dengan mengikutsertakan Ryukushi07 (Higurashi no Naku Koro ni, Umineko no Naku Koro Ni) dan Tanaka Romeo (Cross Channel dan Yume Miru Kusuri) sebagai penulis naskah cerita. Fan disc dari Rewrite, yaitu Rewrite Harvest festa! diluncurkan pada 27 Juli 2012.
Game terbaru yang masih dalam proses pembuatan. Berbeda dengan game-game buatan Key sebelumnya, Angel Beats lebih dulu dibuat animenya oleh P.A. Works. Gamenya sendiri akan dibagi dalam enam volume, dimana volume pertama akan dikeluarkan pada pertengahan tahun 2014. Penulis skenarionya adalah Jun Maeda, dan desain karakternya dibuat oleh Na-Ga.

Angel Beats![sunting | sunting sumber]

Merupakan proyek gabungan Key, Aniplex, Pa Works, Na-Ga, Jun Maeda, dan Dengeki G's berupa anime 13 episode yang mengambil setting afterlife, atau kehidupan setelah kematian. Tokoh utama dalam anime ini adalah Yuri, Angel, Otonashi, dan Hinata dan akan disiarkan pada tahun 2010.

Pendesain karakter[sunting | sunting sumber]

Yang pernah mendesain game di Key.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]