Ketiker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ketiker
Ketikericon.png
URL Ketiker.com
Jenis situs Layanan jejaring sosial
Pendaftaran Diperlukan
Bahasa Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Pemilik Ngobas, Inc.
Dibuat oleh
Diluncurkan 13 April 2012 (2012-04-13)
Pendapatan Iklan
Status saat ini Dialihkan

Ketiker adalah sebuah situs web yang diluncurkan pada 13 April yang dimiliki dan dioperasikan oleh Ngobas Inc., yang menawarkan jejaring sosial sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut entering. Setiap entering berisi teks tulisan yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Pengguna juga dapat bergabung dengan grup pengguna lain yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari bahasa Indonesia yaitu ketik yang berarti menulis. Ketiker adalah Ketik Lover yang berarti sekumpulan orang yang menyukai dan sering mengetik untuk meluapkan setiap hasil pemikirannya atau membagikan sesuatu hal di media tersebut. Di Ketiker, semua usia mulai dari anak anak hingga dewasa dapat bergabung di layanan ini karena layanan ini tidak memandang usia penggunanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketiker pada awalnya hanya dibuat untuk komunikasi tim forum Ngobas supaya dengan mudah saling berkomunikasi untuk memberikan informasi perkembangan Ngobas dan juga si pendiri yaitu Samuel Berrit Olam dan ingin mendirikan sebuah jejaring sosial karena dia juga sering memperbaharui status di jejaring sosial yang dia gunakan.

Nama Ketiker diambil dari berbagai banyak ide yang dipikirkan oleh pendiri dan pengurus seperti Samuel Berrit Olam Yediya Kristia Putra dan Samuel Yogasara. Pada akhirnya Samuel Berrit Olam mempunyai sebuh ide untuk menamakan jejaring sosial untuk interaksi mereka dengan nama Ketiker kepanjangan dari Ketiker Lover dan maknanya adalah orang yang menyukai mengetik tanpa mengenal waktu.

Ketiker pada awalnya di batas tulisan dalam memperbaharui status sampai 200 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Ketiker di ciptakan di daerah Pamulang, Tangerang Selatan dan pada tanggal 13 April diluncurkan jejaring sosial daring dan layanan mikroblogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca berbasis teks posting dan berbagi gambar dan video dengan nama Ketiker yang berarti penyuka ketik.

Mulai tahun 2013 situs Ketiker ditutup oleh pihak Ngobas, Inc. karena dialihkan ke situs forum Ngobas, pengalihan situs Ketiker merujuk ke Ngobas baru dimulai pada tahun 2014. Pada saat awal Ngobas menjadi sebuah situs forum belum mempunyai beberapa fitur seperti jejaring sosial tetapi pada tahun 2013 situs forum Ngobas menambahkan fitur selain pengguna bisa membuat topik disebuah forum, pengunna juga dapat mempernaharui status yang fiturnya hampir sama seperti Ketiker.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]