Kertawarman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kertawarman (wafat 628) adalah raja Kerajaan Tarumanagara kedelapan yang mewarisi bapaknya, Suryawarman, yang mangkat pada tahun 561 dan memerintah selama 67 tahun antara tahun-tahun 561 - 628

Kertawarman
Sri Maharaja Kertawarman Mahapurusa Hariwangsa Digwijaya Sakalabhumandala
Raja Tarumanegara ke 8
Berkuasa(561 – 628)
PendahuluSuryawarman
PenerusSudhawarman
Informasi pribadi
WangsaDinasti Warman

Pada saat kepemimpinannya terjadi peristiwa besar pada masa Raja ke 8. Kertawarman menikahi Setyawati dari golongan sudra. Keadaan bertambah rumit karena Setyawati berpura pura hamil, padahal Kertawarman diketahui mandul. Untuk menutupi skandal ini sang Raja mengangkat anak angkat, Brajagiri, dari golongan sudra juga. Manuver yang gagal, karena suasana kerajaan memanas. Namun sampai akhir hayatnya, Kertawarman tetap menjadi raja.

Kertawarman kemudian digantikan oleh adiknya, Sudhawarman. Sudhawarman digantikan anaknya, Hariwangsawarman, yang beribu India, dan dibesarkan di kerajaan Palawa. Didikan India menjadikannya keras dalam memegang aturan kasta. Sehingga Brajagiri yang saat itu memegang jabatan senapati diturunkan pangkatnya menjadi penjaga gerbang keraton. Brajagiri yang sakit hati kemudian membunuh Hariwangsawarman. Tragedi kembali menyelimuti Tarumanagara.

Kertawarman merasa dirinya mandul, tahta Kerajaan diwariskan kepada adiknya Prabu Sudhawarman padahal sesungguhnya tanpa disadari sempat memiliki keturunan dari anak seorang pencari kayu bakar (wwang amet samidha) Ki Prangdami bersama istrinya Nyi Sembada tinggal di dekat Hutan Sancang di tepi Sungai Cikaengan Pesisir Pantai selatan Garut. Putrinya Setiawati dinikahi Kertawarman yang hanya digaulinya selama sepuluh hari, setelah itu ditinggalkan (dan mungkin dilupakan).

Setiawati merasa dirinya dari kasta sundra, tidak mampu menuntut kepada suaminya seorang Maharaja, ketika mengandung berita kehamilannya tidak pernah dilaporkan kepada suaminya hingga melahirkan anak laki-laki yang ketika melahirkan meninggal dunia. Anaknya oleh Ki Parangdami dipanggil Rakeyan mengingat keturunan seorang Raja, kelak Rakeyan dari Sancang itu pada usia 50 tahun pergi ke tanah suci hanya untuk menjajal kemampuan “kanuragan” Syaidina Ali bin Abi Thalib (599 -661) yang dikabarkan memiliki kesaktian ilmu perang/ ilmu berkelahi yang tinggi.

Rakeyan Sancang (lahir 591 M) putra Raja Kertawarman (Kerajaan Tarumanagara 561 – 618 M). Rakeyan Sancang inilah yang sering dirancukan dengan putra Sri Baduga Maharaja, yaitu Raja Sangara, yang menurut Babad Godog terkenal dengan sebutan Prabu Kiansantang atau Sunan Rohmat Suci.

Tidak terdapat banyak maklumat tentang Kertawarman. Namanya hanya tercantum dalam Naskah Wangsakerta.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. Kertawarman http://www.bimbingan.org Diarsipkan 2018-05-17 di Wayback Machine.
  2. Kerajaan Kendan Kelang Anggulimala Putra
  3. Islam Masuk ke Garut Sejak Abad 1 Hijriah oleh Deddy Effendie di publikasi oleh Joloksancang.
  4. Kerajaan Kendan Diarsipkan 2015-01-16 di Wayback Machine. Kalangsunda.net
  5. “Beberapa Catatan Tentang Penulisan Sejarah Jawa barat”, Adiwilaga, Prof, Ir. Anwas 1975, Sejarah Jawa Barat Sekitar Permasalahannya. Bandung: Proyek Penunjang Peningkatan Kebudayaan Nasional Prov. Jawa Barat.
  6. Carita Parahyangan (Transkripsi, Terjemahan, dan Catatan). Atja dan Drs. Saleh Danasasmita, Drs.1981 b Bandung: Proyek Pengembangan Permuseuman Jawa Barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ayatrohaedi. 2005. SUNDAKALA Cuplikan Sejarah Sunda Berdasarkan Naskah-naskah "Panitia Wangsakerta" Cirebon. Bandung: Pustaka Jaya
  • Djatisunda Anis.1981 Tata Kehidupan “Urang Kanekes”. Bandung: Naskah Laporan untuk BAPPEDA Provinsi Daerah Tingkat I Jawa barat.
  • Saleh Danasasmita dan Anis Djatisunda 1986 “Kehidupan Masyarakat Kanekes”. Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi). Bandung: Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  • Wangsakerta, Pangeran. 1680 Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantra. Parwa II, Sarga 4. Naskah Milik Museum Negeri Jawa Barat.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Suryawarman
Raja Tarumanagara
561628
Diteruskan oleh:
Sudhawarman