Kerry Packer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kerry Francis Bullmore Packer (17 Desember 193726 Desember 2005) adalah seorang konglomerat Australia yang mempunyai usaha dalam bidang media, penerbitan dan perjudian.

Saat kecil Packer dikenal tidak pandai di sekolah namun menunjukkan kemampuan yang baik dalam dunia olahraga. Ia kemudian tumbuh menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh di Australia. Ia dikenal karena sering blak-blakan dalam memberikan pendapatnya kepada umum, kerajaan bisnisnya yang luas, serta konflik antara ia dengan Badan Perpajakan Australia (Australian Taxation Office). Packer adalah pemegang saham utama dalam Publishing and Broadcasting Limited (PBL), yang merupakan pemilik jaringan televisi Nine dan penerbit majalah Australian Consolidated Press. Ia juga terlibat dalam usaha perjudian, terutama dalam statusnya sebagai pemilik kasino Crown di Melbourne.

Saat meninggal dunia, Packer adalah orang terkaya di Australia. Pada tahun 2004, majalah Business Review Weekly memperkirakan bahwa kekayaannya berjumlah AUD$6.500 juta. Oleh majalah Forbes, ia diperingkatkan sebagai orang terkaya ke-99 di dunia pada tahun 2005.